Jakarta (ANTARA) - Platform media sosial, X yang dulu dikenal dengan nama Twitter, akhirnya membawa fitur panggilan suara dan panggilan video untuk penggunanya di Android.

Sebenarnya fitur panggilan suara dan panggilan video tersebut bukanlah hal yang baru mengingat X sudah meluncurkannya sejak Oktober 2023 untuk pengguna iOS namun tetap saja kehadirannya di Android kali ini patut disambut.

Dalam laporan GSM Arena, Jumat (19/1) waktu setempat, sama seperti cara kerjanya di ponsel-ponsel pintar dengan iOS, fitur panggilan suara dan panggilan video X di ponsel pintar Android juga hanya dapat didapatkan apabila pengguna merupakan pelanggan layanan X premium.

Baca juga: Uni Eropa selidiki X atas konten perang Israel-Hamas

Dengan berlangganan X premium maka pengguna baru bisa menggunakan layanan panggilan secara gratis baik itu melakukan panggilan ataupun menerima panggilan.

Apabila pengguna tidak berlangganan maka ia hanya bisa menerima panggilan dari pengguna lain yang telah berlangganan.

Untuk melihat lebih lanjut pengaturan panggilan audio dan video, pengguna bisa masuk ke dalam tab Direct Message (DM).

Setelah masuk ke tab DM, pengguna akan diarahkan ke pesan-pesan yang ada. Apabila ingin melakukan panggilan pengguna bisa memilih pesan yang sudah berlangsung atau membuat percakapan baru.

Setelahnya pengguna bisa memilih ikon telepon dan diarahkan memilih satu di antara dua opsi yaitu panggilan video dan panggilan suara. Akun yang terpilih untuk menerima panggilan tersebut nantinya akan mendapatkan notifikasi.

Apabila tidak diangkat oleh penerima, maka nantinya mereka bakal menerima notifikasi panggilan tidak terjawab dari X.

Pengguna dapat mengontrol siapa yang dapat menelfonnya lewat halaman pengaturan dengan beberapa opsi yaitu dari kontak yang berasal di ponsel pintar, pengguna terverifikasi, dan juga akun yang mereka ikuti.

Baca juga: Pengadilan sebut Twitter langgar kontrak karena tidak membayar bonus

Baca juga: Elon Musk luncurkan chatbot Grok bagi pelanggan Premium+ platform X

Baca juga: Elon Musk pulihkan akun X pendiri Infowars Alex Jones

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024