Tahun ini bertepatan dengan 100 tahun usia Gedung BAT. Kita (Pemkot Cirebon) bisa mendukung operasionalnya
Kota Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, tengah menyusun program untuk menambah destinasi wisata baru berupa bangunan cagar budaya yang difungsikan sebagai destinasi sejarah guna menambah kunjungan turis pada 2024.
 
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu, mengatakan di tahun ini ada dua bangunan cagar budaya yang dikembangkan menjadi destinasi baru sehingga wisatawan memiliki banyak opsi untuk berwisata di kota tersebut.
 
 
Bangunan cagar budaya itu, kata Agus, salah satunya terletak di Jalan Pasuketan, Kota Cirebon, bernama Gedung British American Tobacco (BAT) yang dibangun pada 1924 dan pernah dipakai sebagai tempat produksi rokok putih selama zaman kolonial.
 
 
“Tahun ini bertepatan dengan 100 tahun usia Gedung BAT. Kita (Pemkot Cirebon) bisa mendukung operasionalnya,” ujarnya.
 
 
Ia menjelaskan konsep pariwisata yang dikembangkan pada bangunan bergaya “art deco” itu dengan memanfaatkan salah satu ruangan menjadi museum, kemudian menata area luarnya sebagai kawasan kuliner dan zona kreatif.
 
 
Pihaknya memastikan penerapan konsep tersebut, tidak akan menghilangkan kaidah-kaidah pelestarian cagar budaya.
 
 
“Itu bisa dikembangkan untuk wisata kuliner dengan rasa modern. Pemkot Cirebon memberikan terkait cagar budayanya sampai fasilitasi perizinan,” katanya.
 
 
Tidak hanya bangunan tersebut, lanjutnya, Disbudpar juga segera melakukan penataan terhadap Gedung Bundar di Kota Cirebon yang sudah ada sejak 1920-an. Gedung tersebut pernah dijadikan sebagai pos jaga oleh tentara Hindia-Belanda.
 
 
“Gedung Bundar (konsepnya) menjadi sentra kota pusaka atau museum tematik, yang dilengkapi dengan zona kreatif,” ungkapnya.
 
 
Agus menekankan Pemkot Cirebon tetap melestarikan bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah, karena hal itu bisa dimanfaatkan guna menarik minat wisatawan supaya berkunjung ke Kota Cirebon.
 
 
Sebelumnya, Disbudpar Kota Cirebon melaporkan kunjungan wisatawan di daerahnya selama 2023 sudah menyentuh angka angka 3,5 juta.
 
 
Rata-rata wisatawan itu berasal dari turis domestik yang berkunjung ke sejumlah destinasi.

Baca juga: Pemkot Cirebon bangun museum topeng guna dongkrak kunjungan wisata

Baca juga: Pemkot Cirebon kembangkan "travel pattern" tingkatkan kunjungan wisata

Baca juga: Disbudpar Kota Cirebon catat kunjungan wisatawan capai 3,3 juta turis

Baca juga: Disparbud siapkan pengemasan potensi wisata Cirebon Raya-Jabar selatan

 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024