“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu, sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna. SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, dan akan bangun satu SMA Taruna
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyebut akan membangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan untuk menjawab permintaan warga yang mengeluhkan adanya keterbatasan anak-anak mengenyam pendidikan hingga berdampak pada sulitnya akses mendaftar pendidikan TNI dan Polri.

“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu, sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna. SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, dan akan bangun satu SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan,” kata Prabowo saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta.

Prabowo menjelaskan, ia akan memproses terlebih dahulu dengan meminta petunjuk dari Presiden RI Joko Widodo untuk mencari lokasi terbaik di mana sekolah tersebut akan dibangun.

“Saya akan minta petunjuk Bapak Presiden tempatnya di mana dan nanti akan saya serahkan Bapak Presiden segera kita bangun sebelum saya perkirakan akan selesai Oktober 2024,” imbuh dia.

Mengingat pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kalimantan masih dalam proses, Prabowo memberikan kesempatan bagi anak-anak Dayak di Pontianak untuk mengenyam bangku pendidikan di SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

“Sebelum itu, kalau ada anak-anak Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara, saya siap menjemput mereka,” ujar Prabowo.

Prabowo yang juga calon presiden RI itu melanjutkan safari politiknya ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu pagi. Kedatangan Prabowo disambut meriah masyarakat Dayak berikut juga dengan tarian penyambutan Baras Banyu.

Prabowo juga disambut dengan topi adat Dayak dan rompi bermotif khas Dayak yang dipasangkan langsung oleh Pimpinan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Panglima Jilah.

“Saya merasa sangat terhormat dengan saudara-saudara sekalian, Panglima Jilah, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih saya dengan begitu baik dan saudara bagi saya, ini sangat berarti,” tutur Prabowo.

Adapun kedatangan Prabowo adalah dalam rangka acara Bahaupm Bide Bahana (silaturahmi) bersama pasukan merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR).

Prabowo juga merasa salut dengan masyarakat Dayak saat pembukaan acara mereka secara serentak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh rasa semangat.

“Waktu disambut saya hadir di depan saudara-saudara dengar lagu kebangsaan Indonesia Raya begitu semangat, begitu setia kepada bangsa Indonesia,” kata Prabowo.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024