Ada 78 event yang akan menyambut wisatawan saat berlibur ke Sumbar sepanjang tahun 2024.
Padang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) meluncurkan 'calendar event' pariwisata 2024 sebagai pedoman bagi wisatawan saat berkunjung ke Ranah Minang.
 
"Ada 78 event yang akan menyambut wisatawan saat berlibur ke Sumbar sepanjang tahun 2024," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Sabtu.
 
Ia mengatakan kalender pariwisata yang diluncurkan tersebut memperlihatkan kesungguhan Sumbar dalam sektor pariwisata yang terus membaik pascapandemi COVID-19.
 
"Tahun lalu kami juga meluncurkan calendar event dan progam Visit Beautiful West Sumatra 2023 yang terbukti bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar," katanya pula.
 
Dia menyebut sepanjang 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar mencapai 11,5 juta orang atau setara 137 persen dari target yang ditetapkan 8,2 juta pengunjung.
 
"Kami berharap tahun ini, jumlah kunjungan bisa meningkat lagi. Ditargetkan bisa naik 30 persen dari jumlah kunjungan pada 2023," katanya lagi.
 
Ia menyebut salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan itu adalah dengan menggaet agenda dan kegiatan tingkat nasional untuk dilaksanakan di Sumbar.
 
"Kami siap menjadi tuan rumah agenda nasional maupun internasional," kata dia.
 
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan potensi Sumbar sangat lengkap untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata.
 
"Kami punya destinasi yang lengkap mulai dari dasar laut hingga gunung. Kami punya budaya dan kuliner yang luar biasa. Kami juga punya 78 event yang digelar sepanjang tahun pada 19 kabupaten dan kota sebagai modal untuk menggaet wisatawan," katanya lagi.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024