Jakarta (ANTARA) - Ivan Toney mencetak gol saat ia kembali bermain setelah menjalani skors delapan bulan, ketika Brentford menghentikan laju tujuh laga tanpa kemenangan untuk memukul Nottingham Forest dengan skor 3-2, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Toney diskors karena melanggar 232 peraturan seputar perjudian pada Mei silam, namun ia tidak memperlihatkan tanda-tanda mengendur saat dirinya mencetak gol pada menit ke-19 melalui tendangan bebasnya, demikian dikutip dari AFP.

Meski demikian, justru Neal Maupay yang mencetak gol penentu kemenangan dengan sentuhan brilian dan sepakan volinya pada menit ke-68 yang membuat Brentford semakin menjauhi zona degradasi.

Kemenangan itu mendongkrak Brentford melampaui Forest menuju posisi ke-14, unggul enam poin atas zona merah.

Baca juga: Brentford pinjam Sergio Reguilon dari Spurs sampai akhir musim

Sedangkan bagi Forest, kekalahan itu menambah penderitaan mereka setelah sebelumnya harus mengakui bahwa klub itu melanggar peraturan profit dan keberlanjutan Liga Inggris musim lalu.

Forest kini hanya unggul empat poin dari zona degradasi, dan masih berpeluang dihukum pengurangan poin.

Tim itu sekarang tidak diperkuat enam pemain yang tampil di Piala Afrika, sedangkan pemain kunci mereka yakni Morgan Gibbs-White juga sedang absen karena cedera.

Forest mengawali laga dengan sempurna saat Danilo melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, yang bersarang ke sudut bawah gawang Brentford saat laga baru berusia tiga menit.

Absennya Toney semakin terasa bagi Brentford dalam beberapa pekan terakhir, setelah Bryan Mbuemo harus menepi karena cedera dan Yoane Wissa sedang memperkuat timnas Republik Demokratik Kongo di Piala Afrika.

Namun pemain 27 tahun itu menebusnya dengan melepaskan tendangan bebas melengkung melewati dinding pemain Forest untuk bersarang ke sudut bawah gawang tim tamu.

Baca juga: Gol larut Morgan Gibbs-White bawa Forest menang 2-1 atas United
Baca juga: Arsenal gasak Crystal Palace lima gol tanpa balas

Keane Lewis-Potter gagal memperlihatkan ketenangan yang sama, ketika pemain sayap belia Brentford itu membuang beberapa peluang untuk membawa timnya memimpin saat turun minum.

Brentford asuhan Thomas Frank berbalik memimpin saat Ben Mee menyambar tendangan sudut Mathias Jensen pada menit ke-58.

Keunggulan itu hanya bertahan tujuh menit, sebab pada menit ke-75 Chris Wood menanduk bola umpan silang Callum Hudson-Ooi untuk membuat skor menjadi imbang 2-2.

Orel Mangala hampir membawa Forest memimpin, sebelum beberapa detik kemudian Brentford merestorasi keunggulannya saat Maupay mengendalikan umpan silang Mads Roerslav, sebelum berputar dan melepaskan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang untuk menjadi gol ketiganya dari tiga pertandingan.

  Daftar susunan pemain:

Brentford: Mark Flekken, Nathan Collins, Ethan Pinnock, Ben Mee, Mads Roerslev, Damsgaard, Vitaly Janelt, MathiasJensen, Keane Lewis-Potter, Neal Maupay, Ivan Toney​​​​​​​
Pelatih: Thomas Frank

Nottingham Forest: Matt Turner, Gonzalo Montiel, Andrew Omobamidele, Murillo, Nuno Tavares, Orel Mangala, Danilo Oliveira, Nicolas Dominguez, Ryan Yates, Callum Hudson-Odoi, Chris Wood​​​​​​​
Pelatih: Nuno Espirito Santo

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024