"Tujuannya untuk melakukan pembinaan kewilayahan, selain berkoordinasi dengan Muspika setempat, kami juga turut memantau kesiapan PPK Citeureup dalam penyelenggaraan pemilu,"
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, turut melakukan pemantauan penyelenggaraan Pemilu 2024 tepatnya di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor Yunita Mustika Putri di Cibinong, Bogor, Minggu, menjelaskan pemantauan tersebut dilakukan karena Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menugaskan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Sekretariat DPRD memastikan Pemilu berjalan lancar dan kondusif.

Kegiatan pemantauan ini diawali dengan koordinasi antara Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor dengan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Citeureup yang berlangsung Sabtu (20/1).

"Tujuannya untuk melakukan pembinaan kewilayahan, selain berkoordinasi dengan Muspika setempat, kami juga turut memantau kesiapan PPK Citeureup dalam penyelenggaraan pemilu," kata Yunita.

Ia mengatakan, berdasarkan data dari penyelenggara, jumlah Desa/PPS di Kecamatan Citeureup sebanyak 14 Desa/Kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 556 dan 2.224 bilik suara.

"Sejauh ini kami belum menemukan kendala, dan situasi tersebut sudah kami laporkan kepada Pj Bupati Bogor," kata dia.

Yunita menambahkan, untuk persiapan penyelenggaraan pencoblosan, KPU melalui PPK Kecamatan Citeureup akan menggelar pelatihan dan pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 25 Januari 2024 mendatang.

Sementara logistik pemilu ditempatkan di Desa Tarikolot, berjarak sekitar 3,4 Km dari kantor kecamatan Citeureup.

"Paket logistik di luar kotak sudah di gudang PPK," kata dia.

Yunita berharap, monitoring ini bisa meminimalisir kendala dalam penyelenggaraan pemilu. Dia juga berharap, pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat menggunakan hak suaranya.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Pemilu 2024. Datang ke TPS dan gunakan hak suara kita," ujarnya.(KR-MFS)
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024