Zhengzhou (ANTARA) - Hingga akhir 2023, kapasitas terpasang pembangkit listrik energi terbarukan di Provinsi Henan, China, telah menembus 67 juta kilowatt yang untuk pertama kalinya melampaui kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga batu bara, demikian publikasi data terbaru dari State Grid Henan Electric Power Company.

Kapasitas terpasang pembangkit listrik energi terbarukan di Henan menyumbang 48,7 persen dari total kapasitas terpasang pembangkit listrik di provinsi tersebut, sementara pembangkit listrik tenaga batu bara menyumbang 47,4 persen di angka 66,01 juta kilowatt.

Pada 2023, Henan menghasilkan hampir 100 miliar kilowatt-jam listrik dari sumber-sumber energi terbarukan, meningkat sebesar 21 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan menyumbang sekitar seperempat dari total konsumsi listrik di provinsi tersebut.

Henan merupakan produsen dan konsumen energi utama yang telah lama mempertahankan perpaduan energi yang didominasi batu bara.

Dalam beberapa tahun terakhir, provinsi itu meningkatkan pemakaian energi bersih dengan memperluas penggunaan tenaga bayu, energi surya, energi biomassa, maupun inisiatif-inisiatif lainnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024