Medan (ANTARA News) - Calon penumpang sekarang bisa memesan tiket kereta api via BlackBerry berkat official mobile application yang diluncurkan PT Kereta Api Indonesia baru-baru ini.

Layanan pemesanan tiket melalui perangkat mobile itu diluncurkan setelah sebelumnya perusahaan itu memberlakukan online ticketing di website korporasi dan contact center 121 dan tiket elektronik.

"...kini KAI kembali membuat gebrakan untuk semakin memudahkan pelanggan dalam mendapatkan tiket kereta api melalui Kereta Api Indonesia - official mobile application," kata Manager Humas Divre I Sumut PT KAI, Rapino Situmorang, di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Kereta Api Indonesia - official mobile application untuk smartphone BlackBerry didesain oleh tim Teknologi Informasi PT KAI.

Dengan aplikasi itu masyarakat tidak perlu antre atau jauh-jauh ke stasiun untuk membeli tiket kereta api.

Aplikasi pemesanan tiket itu dapat diunduh melalui toko aplikasi BlackBerry, App World BB Indonesia, dengan nama "Kereta Api Indonesia".

Caranya mudah, setelah aplikasi terinstal, calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang (dewasa/anak/infant), dan mengisi data diri sesuai identitas.

Jika semua data diri telah diisi, ujar Rapino, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM sejumlah bank mulai Mandiri, BRI, BNI, BII May Bank, CIMB Niaga, OCBC NISP, BJB, Mega, Panin, BPR-KS, BPD DIY, BRI Syariah, Bank Mayapada, BTN, Pundi, dan BCA.

Selain melalui ATM, pembayaran bisa dilakukan melalui jaringan payment point seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Kantor Pos, dan PPOB BRI- Delaprasta dengan batas waktu maksimal 3 jam setelah pemesanan.

Setelah pembayaran, calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email untuk kemudian dicetak dan ditukarkan dengan tiket di loket stasiun terdekat.

Fitur-fitur menarik ditampilkan untuk melengkapi aplikasi "Kereta Api Indonesia".

Selain tampilan interface pengguna yang simpel dan mudah dimengerti, melalui aplikasi tersebut, calon penumpang juga dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan.

Fitur lainnya yaitu terintegrasinya dengan kalender pada BB masing-masing pengguna yang dilengkapi juga dengan pengingat (reminder) batas waktu pembayaran dan keberangkatan.

"Animo masyarakat untuk naik kereta api semakin tinggi, oleh karena itu kami perlu mengakomodasi kemudahan mereka dalam mendapatkan tiket," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013