Jakarta (ANTARA) - Salah satu anggota aktif Persatuan Artis Film Indonesia 1956 (PARFI 56) Muftin Marzuki meninggal dunia di usia 67 tahun.
 
Berita duka itu diumumkan Ketua umum PARFI 56 Marcella Zalianty melalui akun Instagramnya, Minggu (21/1). Muftin, yang akrab dengan sapaan Ade Muftin meninggal dunia di IGD RSCM pukul 6 pagi.
 
"Innalilahi wainaa ilaihi rooji'uun. Telah berpulang kehadirat ilahi, pagi ini pukul 06:00 WIB di IGD RSCM, Sahabat terbaik kami Bapak Muftin Marzuki alias Ade Muftin (Buton 18 Januari 1957 - Jakarta, 21 Januari 2024) pengurus aktif PARFI 56. Semoga amal ibadahnya beliau diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosanya, serta keluarga yang ditingalkan diberikan ketabahan. Aamiin," tulis Marcella di Instagram storynya.
Ade Muftin merupakan aktor yang menjadi anggota Dewan Pertimbangan PARFI '56.
 
Dalam unggahan selanjutnya, Marcella terlihat mendoakan jenazah Ade Muftin yang sudah di tutup keranda dengan menyebut sebagai sahabat dan mentor berhati tulus.
 
"Kehilangan mendalam, sahabat, rekan kerja dan mentor. Salah satu manusia tertulus dan terbaik hati yang pernah saya kenal. Selamat jalan bang @ademuftin husnul khotimah. Mendapat tempat terbaik di sisi Nya. You will be missed," tulisnya disertai emoticon sedih.
 
Ucapan duka juga disampaikan oleh Ketua Humas Pengurus Besar PARFI Evry Joe. Ia menyebut Ade Muftin pernah menjadi anggota Pengurus Besar PARFI bersamanya di era kepemimpinan Yenny Rahman periode 2006-2010, namun setelah itu bergabung dengan PARFI 56 di bawah pimpinan Marcella Zalianty.
 
"Innalilahi wainnailaihi Rojiun saya Evry Joe dan segenap pengurus PB PARFI Kuningan Rasuna said turut berduka cita sedalam dalamnya atas berpulang sahabat kita Almarhum Ade Muftin. Pernah menjabat jadi pengurus PB PARFI era bu Yenny Rachman di tahun 2010...semoga Almarhum berpulang dengan Husnul khatimah aamiin," tulis Evry Joe melalui pesan singkat yang diterima ANTARA.
 
Jenazah telah diantar ke rumah duka di daerah Cipinang Timur dan dimakamkan di TPU Cipinang pukul 11 siang tadi.

Baca juga: Gandeng PARFI-56, Bamsoet gagas festival film pendek Empat Pilar MPR

Baca juga: Parfi 56: Pekerja film tidak berpenghasilan karena COVID-19

Baca juga: PARFI 56 dorong kartu prakerja untuk seluruh pekerja seni

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024