Jakarta (ANTARA/JACX) – Cawapres nomor urut tiga Mahfud Md menyebut laju penggundulan hutan di Indonesia tertinggi di dunia.

Berikut narasi Mahfud MD tersebut:

“Ada pertanyaan dari Pak Jokowi pada 2014 ke Prabowo, saat ini kita dihadapkan pada bencana ekologis dan laju penggundulan hutan di negara kita tertinggi di dunia saat ini situasinya sama dengan tahun 2014," kata Mahfud dalam debat keempat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Ahad.

Namun, benarkah laju penggundulan hutan di Indonesia tertinggi di dunia?

Penjelasan:

Dosen Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Islam Indonesia, Masitoh Nur Rohma menjelaskan ada variasi data, mayoritas data menunjukkan laju deforestasi Indonesia tidak menempati posisi tertinggi di dunia. Misal data dari WRI, tahun 2001-2022 deforestasi tertinggi diduduki oleh Rusia, sementara Indonesia menempati posisi kelima. 

Sedangkan dari data Statista menunjukkan pada tahun 2022 deforestasi tertinggi diduduki oleh Brasil, sementara Indonesia berada di posisi keempat.

Selain itu, menurut Peneliti Sajogyo Institute, Kiagus M Iqbal dilansir dari Global Forest Watch, penggundulan hutan tahun 2022 lebih rendah dibanding pada tahun 2014.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media di Indonesia.

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024