Pamekasan (ANTARA) - Presidium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Pamekasan, Jawa Timur, mengajak anggota organisasi menyukseskan pelaksanaan pemilu yang akan hari H pencoblosannya jatuh pada 14 Februari 2024, karena hal itu merupakan bagian tanggungjawab moral institusi, sesuai dengan tujuan awal organisasi tersebut didirikan pada 5 Februari 1947.

"Ada dua yang menjadi misi organisasi ini, yakni misi keumatan dan kebangsaan," kata Presidium KAHMI Pamekasan, Afandi, pada acara pelantikan pengurus Majelis Rayon KAHMI Larangan, Galis dan Kecamatan Kadur di Lapangan Desa Bulai, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu.

Baca juga: Anies ingat pesan JK agar kader HMI jadi presiden

Misi keumatan HMI, menyebutkan bahwa organisasi tersebut didirikan untuk menyebarluaskan ajaran agama Islam, sedangkan pada misi kebangsaan menyebutkan bahwa organisasi itu didirikan untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia dari penjajahan.

Saat HMI didirikan Lafran Pane pada 5 Februari 1947, organisasi ini telah menetapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan dua tahun sebelumnya merupakan bentuk negara kesatuan yang final yang menganut sistem demokrasi.

"Karena itu, menjaga keajegan dan menyukseskan tatanan dalam sistem demokrasi yang salah satunya dalam menentukan pemimpin masa depan bangsa melalui Pemilihan Umum juga menjadi tanggungjawab moral HMI dan KAHMI untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini," katanya.

Baca juga: Alasan dibalik lamanya produksi Film “Lafran”

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Pamekasan asal Desa Lesong Daya ini lebih lanjut mengajak kepada para aktivis HMI dan KAHMI agar proaktif mengawal suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai bagian dari upaya merealisasikan misi HMI sebagai kader ummat dan kader bangsa.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan Moh Mansur menilai, komitmen kebangsaan HMI dan KAHMI memang tidak perlu diragukan, karena organisasi ini memang didirikan untuk memperkuat pondasi berbangsa dan bernegara di negeri ini.

Baca juga: KAHMI Eropa Raya kutuk serangan Israel di Gaza targetkan RS

"Kami sebagai penyelenggara pemilu tentu sangat terbantu dengan kegiatan ini, karena dengan demikian, itu sama dengan membantu institusi penyelengga pemilu dalam berupaya menekan angka golput pada pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 nanti," katanya.

Pengukuhan pengurus Majelis Rayon KAHMI di tiga kecamatan itu, yakni Kecamatan Kadur, Larangan dan Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Minggu (21/1) itu dimeriahkan dengan kegiatan Jalan-Jalan Sehat bersama ribuan warga.

Baca juga: KAHMI Jaya dorong lima tokoh nasional maju Pilkada DKI 

"Kami menyediakan sebanyak 2.500 buah tiket gratis pada JJS kali ini," kata Panitia Kegiatan itu, Abdul Hamid Al-Mansury.

Hadir juga dalam acara itu, perwakilan Pengurus Wilayah KAHMI Jawa Timur Imadoeddin, Rektor dari sejumlah perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan, serta tokoh ulama dari beberapa pondok pesantren.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024