"Apel gelar pasukan pengamanan ini pada hakikatnya adalah untuk memeriksa secara langsung dan memberi keyakinan pada pimpinan, atas kesiapsiagaan personel dan material yang dimiliki Lantamal VIII dalam memberikan bantuan dan dukungan pengamanan Pemil
Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu tahun 2024, di Manado, Sulawesi Utara, Senin.

"Apel gelar pasukan pengamanan ini pada hakikatnya adalah untuk memeriksa secara langsung dan memberi keyakinan pada pimpinan, atas kesiapsiagaan personel dan material yang dimiliki Lantamal VIII dalam memberikan bantuan dan dukungan pengamanan Pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 di wilayah Sulawesi Utara," kata Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J Tangka saat memimpin apel tersebut.

Danlantamal VIII juga menegaskan agar setiap prajurit yang terlibat agar memahami dengan benar tugas pengamanan Pemilu yang diemban.

"Jalin sinergitas antara unsur pemerintah daerah, TNI-Polri dan seluruh komponen guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas. Masyarakat akan ikut mengawasi apabila melihat ketidaknetralan TNI berkaitan dengan mekanisme pesta demokrasi ini," katanya.

Danlantamal VIII mengatakan agar seluruh prajurit harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan berita yang menghasut.

"Inventarisir serta adakan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman," katanya.

Pada kegiatan berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado tersebut, dihadiri segenap pejabat utama, kepala dinas dan kepala satuan yang berada di jajaran Lantamal VIII.

Apel tersebut diikuti empat Satuan Setingkat Peleton (SST) yang terdiri dari satu SST dari Mako Lantamal VIII, satu SST dari Lanudal Manado dan dua SST dari Yonmarhanlan VIII Bitung, serta tim pendukung dari Pom Lantamal VIII, Tim Intel Lantamal VIII dan Diskes Lantamal VIII.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024