Semua produk yang dihadirkan telah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas dari produk yang akan diterima oleh pelanggan,...
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memperluas pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan dengan menempatkan mesin jual otomatis (vending machine) di Stasiun Kereta Api (KA) Gondangdia, Jakarta.

Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan vending machine di Stasiun Gondangdia menyediakan 27 produk makanan ringan dari 10 UMKM unggulan selama 24 jam.

Masyarakat dapat memilih produk, dengan transaksi pembayaran mudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Semua produk yang dihadirkan telah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas dari produk yang akan diterima oleh pelanggan, yang mana sudah memiliki sertifikat produksi pangan dan halal," ujarnya.

Baca juga: Pengamat: SPBU hidrogen Pertamina sejalan dengan transisi energi

Kehadiran produk UMKM di Stasiun KA Gondangdia itu menunjukkan Pertamina terus mendukung pemberdayaan sektor tersebut sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, selain juga bentuk sinergi BUMN antara Pertamina dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Acara peresmian vending machine tersebut dilakukan Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mewakili Menteri BUMN Erick Thohir, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi, dan EVP of Corporate Secretary KAI R Agus Dwinanto Budiaji di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin.

Arya mengatakan UMKM harus dibantu lewat langkah-langkah strategis dalam memperkuat ekosistemnya.

Hal itu dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

"Vending machine ini beroperasi otomatis dan bisa dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja. Ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang ingin memberikan akses pasar lebih luas bagi UMKM terutama di lokasi-lokasi ramai dan strategis seperti di stasiun kereta," jelas Arya.

Baca juga: Pertamina gelar operasi LPG 3 kg bagi warga korban banjir Muratara 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan vending machine Pertamina kali ini merupakan yang pertama, namun ke depan Pertamina akan menambah di lokasi strategis lainnya.

"Melalui vending machine UMKM, Pertamina siap memberi dukungan bagi masyarakat dan pelaku UMKM lokal untuk memperluas pasar agar bisa mandiri secara ekonomi," jelasnya.

Sementara itu, Sucipto, pemilik UMKM olahan ikan dan udang binaan Pertamina dengan merek Fish Snack mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi fasilitas penjualan vending machine tersebut.

Dia berharap dengan tersebarnya produknya di fasilitas umum, akses pasar UMKM akan semakin terbuka, sehingga UMKM dapat makin berkembang, memperluas pemasaran dan akhirnya menjadi mandiri.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024