Jakarta (ANTARA) - Wakil Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andre Rahadian, memastikan keberpihakan pasangan calon Ganjar-Mahfud Md untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Itu dimulai dari azas kemanfaatan, pemerataan penggunaan sumber daya alam, partisipasi masyarakat, dan juga penghormatan pada hak-hak rakyat yang sudah turun-temurun di masyarakat adat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Lanjut dia, program pasangan calon itu untuk kemakmuran bagi rakyat Indonesia, dengan memastikan keberpihakan untuk menyejahterakan rakyat dalam mengelola sumber daya alam (SDA), energi, pangan, agraria, desa, dalam pembangunan berkelanjutan.

"Ganjar-Mahfud menekankan yang perlu diperbaiki adalah pelaksanaan dan penegakan hukum, yang akan menentukan masa depan Indonesia. Ekonomi sirkular itu penting untuk memperpanjang masa penggunaan energi dan sumber daya alam yang kita miliki. Harus menciptakan demand untuk membuat itu berjalan dengan baik," jelasnya.

Dia mengungkapkan program lain Ganjar-Mahfud langsung menyasar ke akar permasalahan, diantaranya petani Indonesia bangga bertani, di laut jaya nelayan sejahtera, tiap desa ada satu fasilitas kesehatan dan satu tenaga kesehatan, hingga satu keluarga miskin satu sarjana.

Baca juga: Ganjar: TPD-TPN siapkan tim khusus lindungi simpatisan dari intimidasi

Baca juga: TPN kutuk kekerasan dilakukan oknum aparat di Boyolali


"Ini adalah elemen penting sekaligus dasar dari para pemilih, menentukan pilihannya pada 14 Februari 2024," katanya menegaskan.

Sebelumnya, calon wakil presiden Mahfud MD dalam debat pilpres keempat mengatakan tugas pemerintah untuk rakyatnya adalah memberi kesejahteraan. Karena itulah tidak ada yang boleh ditinggalkan (No One Left Behind) dalam proses pembangunan. Mengembangkan desa adalah awal pembangunan negara, semua elemen harus dilibatkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024