Berdasarkan informasi sebelumnya Koramil 404 – 02 / Prabumulih siaga desa di lokasi hujan deras yang disertai angin puting beliung, air hujan mengakibatkan banjir namun tidak menimbulkan korban jiwa
Palembang (ANTARA) - Prajurit TNI Kodim 0404 / Muara Enim bersama anggota Yonzipur 2/SG Kodam II/Sriwijaya membantu membangun jembatan beally (jembatan rangka baja) sebagai pengganti jembatan Payu Putat, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan yang putus akibat dihantam derasnya banjir yang melanda kawasan tersebut pada 16 Januari 2024.

"Pemasangan jembatan beally penghubung transportasi Kelurahan Payu Putat, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih yang sedang berlangsung dilaksanakan intensif prajurit Kodim 0404/ Muara Enim bersama anggota Yonzipur 2/SG sebagai bentuk tanggap darurat banjir dari Pemkot Prabumulih dengan Kodim 0404," kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Arh Saptarendra P, di Palembang, Senin.

Baca juga: BMKG minta warga Aceh waspada banjir meski mulai peralihan musim

Menurut Kapendam Sriwijaya, pemasangan jembatan rangka baja pra-pabrikasi yang bersifat portabel (beally) di daerah terdampak banjir merupakan salah satu bagian upaya dari TNI jajaran Kodam II/Sriwijaya dalam mengatasi kesulitan rakyat.

"Sesuai komitmen kami bahwa keberadaan TNI, khususnya di Kodim 0404/Muara Enim untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesulitan rakyat yang ada di wilayah dan dalam berbagai bidang lainnya sehingga mempercepat dalam pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi sebelumnya Koramil 404 – 02 / Prabumulih siaga desa di lokasi hujan deras yang disertai angin puting beliung, air hujan mengakibatkan banjir namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Banjir tersebut merusak beberapa bangunan rumah milik warga Payu Putat, Kelurahan Prabumulih Barat dan putusnya jembatan di kawasan tersebut.

Peristiwa banjir yang menyebabkan putusnya jembatan akses jalan masyarakat Payu Putat, puncaknya terjadi pada hari Selasa (16/2) sekitar pukul 23.30 WIB.

Baca juga: BPBD sebut 1.011 rumah terdampak banjir di Kolaka

Hasil komunikasi Pj Wali Kota Prabumulih Elman dengan Komandan Kodim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha dalam menghadapi permasalahan banjir yang melanda kawasan RT 03 RW 01 Kelurahan Payu Putat, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih yang mengakibatkan puluhan rumah warga terendam dan rusak ringan serta rusaknya sebuah jembatan yang mengakibatkan terputusnya aktivitas masyarakat Payu Putat, diambil langkah cepat dengan pemasangan jembatan beally 10 ton yang sampai dengan ini sedang dalam proses pemasangan , kata Kapendam.

Sementara Komandan Kodim 0404/Muara Enim di sela-sela kegiatan pemasangan jembatan beally mengatakan kegiatan itu akan selesai beberapa hari ke depan.

Konstruksi jembatan dengan spesifikasi beally delapan panel, panjang jembatan 24 meter lebar 4,5 m, tinggi panel 1,7 m dan kekuatan sekitar 10 ton diharapkan akan membantu urat nadi transportasi warga desa dari dan arah Payu Putat, Kota Prabumulih.

"Pembuatan jembatan sudah mulai dikerjakan oleh satu peleton didukung alat berat dari Yonzipur 2 SG / Prabumulih diharapkan 1-2 hari sudah terpasang dan dapat digunakan masyarakat,” ujar Letkol Inf Nugraha.

Baca juga: BPBD: Banjir berdampak pada 564 keluarga di Tojo Una-una

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024