Setelah daya dan upaya, yang terakhir kita memohon kepada Sang Pencipta.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengingatkan kepada semua pihak untuk menjaga aturan main pada Pemilu 2024.

"Kita mau perdamaian di antara kita sesama anak bangsa, tidak ada arti pemilu jika kita pecah. Tugas kita semua ikuti pemilu, jaga aturan main," kata Surya Paloh dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Penegasan itu disampaikan Paloh dalam kampanye nasional Partai NasDem di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Paloh juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa pemilu harus berlangsung jujur adil, bermartabat, dan riang gembira.

Ia mengharapkan Pemilu 2024 berjalan bersih dan bebas dari berbagai politik kebencian yang berujung pada perpecahan bangsa.

"Rakyat harus mendapatkan pemimpin secara adil (fairness)," ujarnya.

NasDem sebagai partai politik, kata dia, ingin konsisten melaksanakan cita-cita pendiri bangsa sesuai dengan amanat proklamasi.

Paloh mengingatkan kader dan calon anggota legislatif di Lombok untuk tidak pernah lupa memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Setelah daya dan upaya, yang terakhir kita memohon kepada Sang Pencipta," katanya menegaskan.

Paloh mengingatkan kepada seluruh kader dan caleg Partai NasDem untuk berkontestasi dengan riang gembira. Musuh yang selama ini wajib diingat setiap kader Partai NasDem bukan sesama kader, bukan pula partai politik lain.

"Idealisme kita menyatakan bahwa musuh utama di negeri ini adalah kepicikan cara berpikir, kebodohan, kemiskinan, dan rasa ketidakadilan. Itulah musuh kita," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Baca juga: Ribuan orang hadiri kampanye nasional Partai NasDem di Lombok
Baca juga: Tanggapi wacana pemakzulan Jokowi, Surya Paloh: Tanggung sekali


KPU RI telah mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024