Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak para santri dan pelajar untuk berperan serta dengan menggunakan hak pilih mereka dengan sebaik mungkin pada tanggal 14 Februari atau hari pemungutan suara Pemilu 2024.

"Saya mengajak seluruh santri dan pelajar untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun 2024, menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya, dan menjadi bagian dari kemajuan bangsa ini," kata Jokowi saat menghadiri Apel Santri dan Pelajar Emas 2045 di Lapangan Sepak Bola Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin, Jokowi hadir dalam apel tersebut dengan menggunakan kemeja putih dan peci hitam, didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan kemeja warna serupa dan kerudung berwarna biru muda.

Selain Apel Santri dan Pelajar Emas 2045, Jokowi dan Iriana bersilaturahim dengan para guru ngaji se-Pulau Jawa di lokasi tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi berikan bantuan pangan CBP di Temanggung

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengajak para santri dan pelajar untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

"Santri dan para pelajar punya kesempatan yang sangat besar untuk berkontribusi bagi kemajuan negara kita di berbagai daerah yang berbeda-beda," ujar Jokowi.

Dia menegaskan bahwa Pemerintah terus berupaya memberikan dorongan dan semangat besar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air.

Baca juga: Jokowi pergi dari subuh hingga bagikan sertifikat tanah di Wonosobo

Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan para santri dan pelajar untuk menguasai berbagai bidang ilmu dalam rangka memenangkan kompetisi antarindividu maupun antarnegara.

Tidak hanya itu, Jokowi juga ingin para pelajar dan santri dapat menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia untuk terus mencintai negara, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menyebarkan Islam yang toleran, moderat, dan ramah.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, serta dan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies ingin Presiden Jokowi beri sanksi menteri tak netral

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024