Menurut PAN, bahwa pemerintah terkait, elemen terkait, Kementerian Agama di Jakarta dan Pemda harus pro-aktif melakukan upaya rehabilitasi terhadap warga Syiah Sampang,"
Jakarta (ANTARA News) - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik hasil rekomendasi Tim Temuan dan Rekomendasi (TTR) Pemerintah dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait kasus Syiah Sampang, Jatim.

"Menurut PAN, bahwa pemerintah terkait, elemen terkait, Kementerian Agama di Jakarta dan Pemda harus pro-aktif melakukan upaya rehabilitasi terhadap warga Syiah Sampang," kata fungsionaris PAN yang juga Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

La Ode Ida mengatakan, upaya rehabilitasi adalah tugas negara. Pada level nasional, pemerintah pusat, dikoordinasikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan di level daerah oleh pemda terkait.

Setidaknya, PAN menilai ada dua upaya rehabilitasi yang perlu dilakukan segera oleh pihak terkait. Pertama, rehabilitasi fisik dimana Pemerintah harus segera membangun kembali tempat permukiman warga Syiah Sampang dan mengembalikan mereka ke tempat asalnya.

Upaya kedua, rehabilitasi atau pemulihan psikologis terhadap warga Syiah Sampang yang perlu melibatkan pekerja-pekerja sosial di lapangan.

"Kita tetap berharap pemerintah melakukan pendidikan toleransi di lingkungan tempat terjadinya konflik Sampang agar masyarakat tersadarkan untuk bisa hidup berdampingan kembali, saling menerima antara satu dengan yang lain," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan mengatakan, PAN mendukung sepenuhnya rekomendasi TTR yang dibentuk Pemerintah dan Komnas HAM untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa warga Syiah Sampang.

"PAN mendesak agar Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait segera melakukan upaya rehabilitasi warga Syiah Sampang sebagai upaya tindak lanjut atas temuan TTR tersebut," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013