Jakarta (ANTARA) - Timnas Guinea Equatorial/Khatulistiwa lolos ke 16 besar Piala Afrika 2023 usai menghajar Pantai Gading 4-0 dalam matchday ke-3 Grup A di Olympic Stadium of Ebimpe. Di pertandingan lainnya, Nigeria menekuk Guinea-Bissau dengan skor tipis 1-0 di Stadion Felix Houphouet-Boigny pada Senin malam WIB (22/1).

Hasil ini membuat Guinea Khatulistiwa dan Nigeria berhak melaju ke babak 16 besar, Pantai Gading masih memiliki kemungkinan lolos dengan jalur tim posisi ketiga terbaik, sedangkan Guinea-Bissau telah pasti tersingkir.

Guinea Khatulistiwa vs Pantai Gading

Tuan rumah Pantai Gading menekan sejak awal pertandingan, peluang didapatkan melalui Franck Kessie dan Ibrahim Sangare, yang masih gagal menjebol gawang Guinea Equatorial.

Namun, Pantai Gading kebobolan lebih dulu melalui Emilio Nsue, yang menerima umpan dari Carlos Akapo pada menit ke-42. Guinea Equatorial pun unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Tertinggal 1-0, Pantai Gading coba menekan pada babak kedua, dua peluang mereka peroleh pada menit ke-47 melalui Ibrahim Sangare, dan Evan Ndicka, tetapi masih belum berhasil membuahkan gol balasan.

Pada menit ke-67, Pantai Gading berhasil mencetak hol melalui Jean-Philippe Krasso, tetapi dianulir setelah wasit meninjau VAR.

Baca juga: Senegal atasi Kamerun, Guinea amankan kemenangan tipis atas Gambia

Gawang Pantai Gading justru kembali kemasukan pada menit ke-73, kali ini Pablo Ganet yang berhasil mencetak gol untuk mengubah keunggulan menjadi 2-0.

Hanya berjarak 2 menit, Pantai Gading semakin tertinggal setelah Emilio Nsue mencetak gol keduanya yang membuat Guinea Khatulistiwa unggul 3-0 atas tim tuan rumah.

Tim tuan rumah semakin terpuruk setelah Jannick Buyla mencetak gol keempat Guinea Khatulistiwa pada menit ke-88, hasil 4-0 bertahan hingga laga berakhir.

Guinea Khatulistiwa berhak melaju ke babak 16 besar Piala Afrika 2023, sedangkan Pantai Gading sementara ini masih memiliki kemungkinan lolos dari jatah tim posisi ketiga terbaik.

Guinea-Bissau vs Nigeria

Nigeria memperoleh peluang lebih dulu melalui aksi Simon Moses pada menit kedua, lima menit kemudian Guinea-Bissau mencoba menggebrak melalui Nito Gomes, yang juga belum berhasil membuahkan gol.

Aksi Samuel Chukwueze di menit ke-28 setelah bekerja sama dengan Bright Osayi-Samuel masih berhasil diblok pertahanan Guinea-Bissau.

Pada menit ke-36, bek Guinea-Bissau, Opa Sangante, melakukan gol bunuh diri yang membuat Nigeria unggul lebih dulu atas Guinea-Bissau. Skor 1-0 untuk Nigeria.

Berbagai percobaan dilakukan, tetapi tidak ada tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Guinea Bissau coba melakukan tekanan, tendangan bebas dari Famana Quizera pada menit ke-51 masih melenceng.

Sundulan Victor Osimhen pada menit ke-78 masih belum membuahkan gol bagi Nigeria.

Hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk Nigeria tidak berubah, Super Eagles berhak melenggang ke babak 16 besar Piala Afrika 2023.

Baca juga: Salah tinggalkan Piala Afrika untuk pemulihan cedera di Liverpool
Baca juga: Angola pecundangi Mauritania dengan kemenangan dramatis 3-2

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024