Sesuai dengan konsep green city yang diusung dalam pembangunan IKN, masjid ini akan dirancang sebagai green building
Jakarta (ANTARA) -
PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan proyek pembangunan Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdiri di atas lahan seluas 3.2 hektar dengan nilai kontrak sebesar Rp940 miliar ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024.
 
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa, menerangkan pembangunan Masjid Negara IKN menggunakan material yang ramah lingkungan.
 
“Sesuai dengan konsep green city yang diusung dalam pembangunan IKN, masjid ini akan dirancang sebagai green building sehingga dalam proses pengerjaannya menggunakan material ramah lingkungan serta minim waste material,” ujar Tjahjo.
 
Tjahjo menjelaskan, Hutama Karya menggarap proyek ini melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Karya (Persero), yaitu mengerjakan struktur, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing), kawasan atau lanskap, bangunan penunjang, bangunan komersil serta jembatan.
 
Dalam proses pengerjaannya, tambah Tjahjo, tim lapangan akan menghadapi beberapa tantangan termasuk dalam tahap pengerjaan kubah masjid yang memiliki desain unik menyerupai sorban.
 
Oleh karena itu, diperlukan teknik khusus untuk memastikan bahwa hasil dan kualitas bangunan sesuai dengan rancangan awal serta proyek dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
 
“Menyikapi hal tersebut, tim telah menyiapkan strategi penanganan diantaranya rutin memonitor kualitas pekerjaan secara intensif dan periodik, penerapan teknologi Building Information Modelling (BIM) serta struktur pracetak agar pembangunan masjid selesai tepat waktu dan tepat mutu.” tutur Tjahjo.
 
Diketahui, pembangunan Gedung dan Kawasan Masjid Negara IKN secara resmi dimulai dengan dilakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (17/1).
 
Presiden Jokowi mengatakan bahwa masjid ini memiliki daya tampung hingga 61.000 jamaah, bangunannya pun akan dikelilingi air serta akan menampilkan keindahan pada desain baik dari luar maupun dalam.
 
Kepala negara berharap, Masjid Negara IKN bisa menjadi contoh pembangunan masjid di dunia serta merepresentasikan kemajemukan Indonesia.
 
"Sebagai sarana dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan aktivitas keagamaan serta sebagai simbol toleransi antar agama di IKN,” sambungnya.


Baca juga: Presiden letakkan batu pertama masjid kapasitas 61.000 jamaah di IKN
Baca juga: OIKN mengajak University of Maryland AS untuk riset kebijakan di IKN
Baca juga: Menteri PUPR menargetkan tol menuju IKN tahap 1 selesai Juli 2024

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024