Kami bersama Disperindag akan bantu mematenkan brand lidi nipah ini.
Pangkalpinang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi perajin lidi nipah di Desa Kace, Kabupaten Bangka, untuk mematenkan merek kerajinan lidah nipah guna meningkatkan daya saing dan pemasaran kerajinan khas masyarakat daerah itu.

“Kami bersama Disperindag akan bantu mematenkan brand lidi nipah ini," kata Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat berkunjung ke perajin lidi nipah di Desa Kace, Selasa,  didampingi Kepala Disperindag Babel Tarmin AB dan Yuniar Putia Rahma dari Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Babel.

Ia mengatakan perajin lidi nipah ini mengusung potensi lokal, mengingat banyak sekali nipah di Babel, sehingga kerajinan lidi nipah ini adalah pertama dari Bangka Belitung.

“Kami hadir di sini memang untuk melihat apakah mereka sudah memiliki hak paten, dan sejauh mana mereka membina masyarakat untuk menjadi perajin lidi nipah,” ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR RI kunjungi desa kerajinan tembaga Tumang di Boyolali

Ia menyatakan Dekranasda mendorong perajin lidi nipah untuk segera mematenkan merek lidi nipah yang berasal dari Babel, sehingga bisa meningkatkan daya saing. “Kami ingin lidi nipah produk Babel semakin dikenal masyarakat luas baik nasional maupun internasional," katanya.

Eva Deswanti selaku perajin lidi nipah sekaligus owner dari Deshanda Craft mengatakan segera mengurus untuk mematenkan merek lidi nipah ini.

“Beberapa kali kami jadi narasumber melatih para perajin lidi nipah dari anak sekolah, orang lapas, dan lainnya, agar bisa belajar dan menghasilkan karya. Nah baru-baru ini kami ada tawaran juga untuk menjadi narasumber di Aceh dan Lombok, tapi kami tolak dulu soalnya belum dipatenkan, dan segera kami urus secepatnya,” ujarnya.

Baca juga: Ekspor produk mebel dan kerajinan nasional turun 28 persen

Ia mengucapkan terima kasih atas kunjungan  Pj Ketua Dekranasda Kepulauan Babel berserta jajaran di galeri lidi nipah miliknya dan diharapkan Pj Ketua Dekranasda selalu memberikan bimbingan dan arahan agar para perajin lidi nipah di Babel terus semangat untuk berkarya.

“Terima kasih Ibu Pj Dekranasda dan jajaran, kami minta tolong terus dibina dan jadi penyemangat buat kami para perajin lidi nipah di Babel,” katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024