Dengan memperluas jaringan kantor cabang dan layanan serta sektor usaha, kami optimistis mampu mencapai pertumbuhan bisnis berkelanjutan
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) hadir di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Kantor Cabang Tarakan Mulawarman yang merupakan kantor cabang J Trust Bank ke-46.

"Dengan memperluas jaringan kantor cabang dan layanan serta meningkatkan ekspansi ke sejumlah sektor usaha, kami optimistis mampu mencapai pertumbuhan bisnis berkelanjutan dengan tetap memegang teguh prinsip kehati-hatian," kata Executive Vice President Branch Management J Trust Bank, Agus Syabarrudin di Tarakan, Selasa.

Dia mengatakan J Trust Bank melihat tahun 2024 sebagai peluang sekaligus tantangan baru.

Per September 2023 atau triwulan III tahun 2023 J Trust Bank melanjutkan kinerja positif dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp111,34 miliar.

"Katalis dalam peningkatan kinerja kami yaitu dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp23,60 triliun dari sebelumnya Rp17,61 triliun atau tumbuh 34,03 persen year-on-year (secara tahunan)," kata Agus.

J Trust Bank juga tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian sehingga rasio kredit bermasalah (NPL) bank pada kuartal III 2023 terus membaik, yaitu berada di level 1,50 persen dan NPL net di 1,10 persen.

Baca juga: J Trust Bank memperkuat aspek ESG dukung bisnis berkelanjutan

Baca juga: J Trust Bank targetkan kredit tumbuh hingga 20 persen di 2024


Dana pihak ketiga (DPK) J Trust Bank turut meningkat menjadi Rp29,73 triliun dari Rp23,57 triliun atau tumbuh sebesar 26,16 persen year-on-year pada posisi triwulan III tahun 2023.

J Trust Bank berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah Indonesia Tengah melalui produk serta pelayanan perbankan berstandard Jepang.

"Dengan penempatan kantor cabang yang strategis dan mudah diakses kami sangat bersemangat untuk melayani kebutuhan perbankan masyarakat dan pelaku usaha di Kota Tarakan," kata Agus.

Acara ini dihadiri Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang, Wali Kota Tarakan Khairul, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara yang diwakili Deputi Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Ganang Suryo Anggoro dan Executive Vice President Branch Management J Trust Bank Agus Syabarrudin beserta Komisaris Independen J Trust Bank Benny Siswanto.

Wali Kota Tarakan Khairul mengatakan kehadiran J Trust Bank membawa kebanggaan dan menjadi indikator perekonomian Tarakan terus tumbuh.

Dia berharap bank-bank di Tarakan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. J Trust sudah tepat masuk, pertumbuhan ekonomi di Tarakan di atas rata-rata nasional.

"Bahkan estimasi kita pertumbuhan kita di atas 2 digit. Banyak mitra perusahaan, cold storage, perusahaan kayu lapis dan sebagainya, bermitra dengan pengusaha di Jepang. Saya kira ini akan memudahkan dalam transaksi," kata Khairul.

Ia juga meyakini jika J Trust Bank bisa jadi lokomotif menarik investasi yang lebih besar.

"Alhamdulillah di Tarakan belum ada bank yang tutup, bank yang masuk di Tarakan. Ini sudah sekitar 19 bank. Sebagai informasi lebih dari 44 persen PDRB Kaltara, berada di Tarakan," kata Khairul.

Diharapkannya J Trust bisa terus mendorong perekonomian Tarakan. Penyaluran kreditnya semakin baik. Hanya Tarakan ini, lebih banyak menabung daripada meminjam," katanya.

Sedangkan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengharapkan J Trust Bank juga dapat mendukung kampanye terhadap UMKM lokal. Dukungan terhadap UMKM akan mendorong penghasilan bagi perajin.

"J Trust Bank kita yakini akan menarik banyak investasi ke Tarakan. Sesuai dengan visi J Trust Bank memberikan pelayanan terbaik, dengan ide-ide inovatif. Saya harapkan J Trust Bank mendukung perekonomian Kalimantan Utara. Saya mengajak masyarakat Tarakan memanfaatkan J Trust Bank," kata Zainal.

Baca juga: Laba J Trust Bank naik 30,8 persen jadi Rp111,3 miliar di kuartal III

Baca juga: J Trust Bank ikut bangun proyek di destinasi wisata prioritas nasional


 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024