Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjanjikan bahwa dirinya akan menggratiskan biaya sewa rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Pinus Elok, Cakung kepada ratusan warga RT 6-7, RW 15, Pedongkelan, Pulo Gadung, Jakarta Timur yang akan direlokasi karena menempati bantaran waduk Ria Rio.

"Enam bulan pertama biaya sewanya gratis," kata Jokowi di Rusunawa Pinus Elok, Cakung, Kamis.

Jokowi menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan untuk meringankan beban pengeluaran warga. Setelah enam bulan tersebut, lanjut Jokowi, biaya sewa akan kembali dibebankan kepada warga penghuni.

"Tapi saya pastikan harga sewa tidak akan memberatkan warga," katanya.

Angka yang disebutnya yakni Rp150--200 ribu per bulan. Namun dia mengatakan bahwa angka tersebut akan kembali dihitung.

"Biaya sewa selanjutnya nanti akan dihitung terlebih dahulu. Termasuk biaya listrik dan air," katanya.

Sementara itu, Camat Pulo Gadung Teguh Hendarwan menyebutkan bahwa warga yang akan direlokasi sekitar 350 warga. Hingga kini, warga yang sudah menyetujui untuk dipindah ada sekitar 280 warga.

"Mereka sudah mengumpulkan KTP untuk dipindah," katanya.

Relokasi sendiri rencananya akan dilakukan secara bertahap pada awal September. Namun warga meminta agar relokasi dilakukan secara serentak pada bulan Oktober.

Sementara itu, Jokowi memiliki program untuk mengembalikan kembali fungsi dari Waduk Pluit sebagai area tangkapan air. Selain tangkapan air, waduk tersebut juga akan digunakan untuk ruang publik bagi warga. (Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013