"Pada tahun ini rombongan dari Kota Sukabumi berangkat pada gelombang kedua atau langsung menuju Mekkah. Sedangkan untuk gelombang pertama sebelum ke Mekkah singgah dulu di Madinah,"
Sukabumi (ANTARA News) - Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, Jawa Barat, menunda keberangkatan 47 calon haji sebab Kerajaan Arab Saudi mengurangi 20 persen kuota pada tahun ini. 

"Dengan pengurangan kuota untuk calon asal Indonesia, sebanyak 47 calon haji kami tunda keberangkatannya ke Tanah Suci," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sukabumi, HE Sutisna, Kamis.

Menurut Sutisna, seharusnya pada tahun ini calon jemaah haji 243 orang, tetapi kini hanya 196 orang yang diberangkatkan pada 1 Oktober yang tergabung dalam kelompok terbang ke 50 bersama jemaah dari Kabupaten Sumedang dan Kota Bandung.

Calon haji yang gagal berangkat pada tahun ini diprioritaskan diberangkatkan pada tahun depan.

Jika ongkos naik haji (ONH) tahun depan naik, maka pihaknya akan meminta kekurangan biaya tersebut, dan sebaliknya turun maka sisanya akan dikembalikan kepada mereka.

Sebelum diberangkatkan, para calon haji ini akan mendapatkan pembekalan tentang tata cara ibadah agar rombongan dari Kota Sukabumi bisa melaksanakan ibadah haji dengan benar dan khusuk.

Peserta kloter 50 berjumlah 500 orang dengan rincian dari Kota Sukabumi sebanyak 196 orang, Kabupaten Sumedang sebanyak 236 orang dan Kota Bandung 12 orang.

"Pada tahun ini rombongan dari Kota Sukabumi berangkat pada gelombang kedua atau langsung menuju Mekkah. Sedangkan untuk gelombang pertama sebelum ke Mekkah singgah dulu di Madinah," katanya.

(KR-ADR/A013)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013