Muara Teweh (ANTARA) - Anggota MPR RI Agustin Teras Narang mengedukasi sekaligus memperkuat pemahaman para mahasiswa tentang pentingnya empat pilar kebangsaan dan kenegaraan agar semakin menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Ajakan itu disampaikan Teras Narang saat melaksanakan sosialisasi dan diskusi terkait Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Rabu.

"Saya juga dalam momen ini menyampaikan pentingnya semangat dasar Pancasila dalam menghadapi Pemilu 2024 agar mahasiswa tidak salah dalam memilih pemimpin dan wakilnya, selaku eksekutif dan legislatif," ucapnya.

Baca juga: MPR: Sosialisasi Empat Pilar jadi pengingat kesepakatan pendiri bangsa

Senator asal Kalimantan Tengah ini mengatakan pada Pemilu 2024, jumlah pemilih di Indonesia didominasi generasi muda yang mencapai 55 persen dari keseluruhan pemilih. Sedangkan untuk di Provinsi Kalimantan Tengah, jumlah pemilih dari generasi muda diperkirakan sekitar 60 persen.

"Melihat tingginya jumlah itu maka penting bagi generasi muda agar paham dan punya literasi sebelum memilih. Jadi, mereka yang terpilih adalah orang yang memegang teguh nilai dasar bangsa kita," kata Teras Narang.

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005 hingga 2015 ini juga mengingatkan para generasi muda, khususnya mahasiswa, agar menjadi pelaku perubahan.

Baca juga: MPR: Generasi muda berperan implementasikan nilai kebangsaan

Menurutnya, generasi muda harus tampil menjadi pelaku utama dan bukan pendorong perubahan saja. Untuk bisa tampil maka perlu proses dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas.

Apalagi, Kabupaten Barito Utara sebagai bagian dari Kalimantan Tengah yang dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru diharapkan memiliki generasi muda yang teguh pada nilai dasar kebangsaan kita dan unggul dalam berbagai bidang.

"Ini agar dampak pembangunan IKN bisa dioptimalkan bagi kemajuan daerah, bangsa, dan negara," ujar Teras Narang.

Dalam sosialisasi dan diskusi itu, turut hadir pimpinan Yayasan dan pimpinan STIE Muara Teweh Sofia S.E., M.M., Dr. Tajeri M.M., para dosen dan staf lainnya.

Baca juga: Ketua MPR sosialisasikan empat pilar kepada Wirawati Catur Panca

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Jaya W Manurung
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024