Ottawa (ANTARA) - Menteri Pertahanan Nasional Kanada Bill Blair pada Selasa (23/1) mengumumkan bantuan militer baru untuk Ukraina.

Menurut rilis pers dari Pertahanan Nasional Kanada, bantuan ini termasuk 10 kapal multifungsi (multirole boat) dari Zodiac Hurricane Technologies senilai sekitar 20 juta dolar Kanada (sekitar Rp232,5 miliar).

Perahu karet berlambung kaku dengan banyak mesin itu akan membantu Ukraina dalam berbagai operasi maritim, termasuk pencarian dan penyelamatan, pengangkutan pasukan dan kargo, pengawasan, serta pengintaian.

Setiap perahu akan dilengkapi sensor, navigasi, dan sistem komunikasi yang canggih, kata rilis tersebut. Pengiriman dan pelatihannya diperkirakan akan selesai pada akhir musim semi 2024.

Blair juga mengumumkan bahwa untuk mendukung keanggotaan Kanada dalam Koalisi Pelatihan F-16 untuk Angkatan Bersenjata Ukraina, mulai bulan depan Kanada akan menyediakan instruktur sipil, pesawat, dan staf pendukung yang dikontrak dari Top Aces Inc. untuk berkontribusi pada upaya pelatihan Denmark dan Prancis.

Dukungan ini bernilai sekitar 15 juta dolar Kanada. Pelatihan akan dimulai pada Februari 2024 dan akan berlanjut hingga 2025, kata Blair dalam rilis itu.

Sejak Februari 2022, Kanada telah memberikan bantuan militer senilai lebih dari 2,4 miliar dolar Kanada (sekitar Rp28 triliun) kepada Ukraina.

Bantuan tersebut termasuk tank tempur utama Leopard 2, satu kendaraan pemulihan lapis baja, kendaraan pendukung tempur lapis baja, senjata antitank, senjata-senjata kecil, howitzer M777 dan amunisi terkait, kamera drone beresolusi tinggi, pakaian musim dingin, dan lainnya.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024