Taiyuan, China (ANTARA) - Shanxi, provinsi penghasil batu bara utama di China, berencana mempercepat transformasi cerdas pertambangan batu bara dan pengembangan yang melibatkan energi baru pada tahun 2024.

Pada 2024, menurut pemerintah setempat dalam laporan kerjanya pada sesi tahunan Kongres Rakyat Provinsi Shanxi, Selasa, provinsi tersebut akan memajukan teknologi pertambangan ramah lingkungan dan mengembangkan 150 tambang batu bara cerdas baru, dengan tujuan meningkatkan proporsi kapasitas produksi batu bara canggih menjadi 83 persen.

Provinsi itu juga berencana menggenjot pembangunan basis energi baru di daerah-daerah bekas tambang batu bara di Shanxi bagian utara serta secara aktif mengembangkan energi panas bumi dan biomassa guna memastikan energi baru dan energi bersih mencapai 47 persen dari total kapasitas listrik terpasang.

Sebagai basis energi penting di China utara, Provinsi Shanxi mencapai output batu bara tahunan hampir 1,38 miliar ton pada 2023, dan hingga tahun tersebut, Shanxi pun telah mengembangkan 118 tambang batu bara cerdas.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024