Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengizinkan gedung sekolah di wilayah tersebut dijadikan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 untuk mengantisipasi potensi hujan deras saat hari pencoblosan.

"Panitia TPS dan KPU dapat mencoba mencari alternatif salah satunya memanfaatkan sekolah baik SD maupun SMP. Namun kalau situasinya tidak memungkinkan secara konvensional kita geserkan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Rabu.

Bambang mengatakan pemerintah kota bersama KPU Kota Bandung sedang memetakan TPS yang rawan terkena bencana, khususnya banjir saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Ia menambahkan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa curah hujan di Kota Bandung masih cukup tinggi sampai satu bulan mendatang.

"Jadi cuaca ini kita mendapatkan informasi dari BMKG bahwa untuk satu bulan kedepan curah hujan masih cukup tinggi," kata Bambang.

Lebih lanjut, Bambang meminta agar KPU untuk mendirikan TPS di tempat-tempat terjangkau dan bebas dari potensi banjir seperti sekolah maupun bangunan barang milik daerah lainnya yang diperbolehkan oleh pemerintah kota.

“Mudah-mudahan banjir itu tidak terjadi dan diharapkan bisa memanfaatkan sekolah dan lain sebagainya, ataupun gedung-gedung pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Frihadianti mengatakan potensi bencana banjir dan munculnya genangan pada lokasi pendirian TPS menjadi kewaspadaan utama agar pada Pemilu 2019 yang terdapat beberapa kecamatan terendam banjir tidak terjadi kembali.

Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan unsur di kewilayahan dan petugas pemungutan suara (PPS) untuk mendirikan TPS yang dianggap bebas potensi banjir.

“Untuk pemetaan itu sudah dilakukan sebenarnya dari jauh hari dan kita juga mengimbau kepada panitia pemungutan suara (PPS) untuk mencari tempat yang memang mudah diakses,” kata dia.

Baca juga: KPU Depok gelar simulasi pencoblosan di TPS 55 Cipayung Jaya
Baca juga: 108 petugas medis di Tangsel siap disiagakan di TPS Pemilu 2024


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024