Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membagikan 10 ton pakan ikan kepada ratusan petani ikan air tawar dalam kampanye akbar di Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Saya bangga dengan para petani, yang bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Semoga ini bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak kita, orang tua bekerja dengan giat,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Paloh melihat langsung kondisi petani ikan air tawar di Desa Mali-Mali, Kecamatan Karang Intan, Banjar, Kalsel. Tambak terpanjang sekitar 12 kilometer itu adalah penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan. Produksi ikannya juga dikirim ke Jakarta. Berbagai jenis ikan dibudidaya, mulai dari patin, lele hingga ikan mas.

Dia pun menyemangati para petani agar tak berhenti berharap, bahwa suatu saat ada anak dari Desa Mali-Mali yang bisa menjadi pemimpin Indonesia hingga pengusaha hebat.

“Saya mau dengar kita membicarakan anak dari Desa Mali ini, bisa menjadi pemimpin hebat. Anak dari Desa Mali menjadi pengusaha hebat di Amerika,” katanya menegaskan.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya yang turut mendampingi Surya Paloh menegaskan komitmen Partai NasDem untuk kebangkitan pangan Indonesia.

“Ini komitmen Partai NasDem untuk kebangkitan pangan Indonesia dimulai dari beberapa sentra, kemarin di NTB, lalu di sini (Kalsel) juga. Ada diktum dalam geopolitik kontemporer, yaitu siapa yang menguasai pangan, dia akan menguasai dunia. Bagaimana okupasi Rusia terhadap Ukraina itu berbicara suplai pangan. Indonesia berdaulat pangan, NasDem juara,” kata Willy menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. Selain itu, KPU telah menetapkan 24 partai politik peserta pemilu, termasuk partai politik nasional dan partai lokal di Provinsi Aceh.

Parpol itu yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Ummat.

Pewarta: Fauzi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024