Jakarta (ANTARA) - Mengetahui jenis kulit yang dimiliki dapat membantu merancang rangkaian perawatan kulit yang sesuai, dan membantu mendapatkan kulit yang sehat apa pun jenis kulit Anda.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Rabu (24/1) waktu setempat, Kepala Departemen Ilmiah Medis di Sebamed, Dr Michaela Arens Corell mengatakan rahasia mendapatkan kulit yang memancarkan kesehatan dan kecantikan pada akhirnya adalah memilih produk yang berpengetahuan dan memiliki kekhasan.
 
"Apakah kulit berminyak yang memerlukan tindakan pengendalian minyak, kulit kering yang membutuhkan hidrasi mendalam, kulit kombinasi yang membutuhkan keseimbangan pendekatan, atau kulit sensitif yang membutuhkan perawatan halus, para ahli dermatologi di seluruh dunia telah berpegang teguh pada pentingnya keseimbangan pH 5,5 untuk memastikan kulit sehat dan bersinar," katanya.
Sementara menurut Tulsi Gosai, Salah Satu Pendiri Akihi, memilih produk perawatan kulit yang tepat dan disesuaikan dengan jenis kulit unik Anda adalah landasan dari kulit yang sehat dan bercahaya.
 
Dia mengungkapkan panduan komprehensif untuk membantu Anda membuat pilihan terbaik untuk kulit Anda
 
Pertama, kenali jenis kulit. Memahami apakah kulit Anda berminyak, kering, kombinasi, sensitif, atau normal adalah langkah pertama. Pengetahuan ini akan memandu pilihan produk Anda.
 
Kedua, bangun kesadaran untuk membaca label produk dan pelajari bahan-bahannya. Carilah pilihan alami, nabati, dan vegan yang lembut dan efektif.
 
Ketiga, sesuaikan dengan rutinitas. Satu ukuran tidak cocok untuk semua perawatan kulit. Sesuaikan rutinitas harian Anda dengan pembersih, serum, dan pelembab yang memenuhi kebutuhan unik kulit Anda.
 
Keempat, penggunaan produk pilihan Anda secara teratur dan konsisten sangatlah penting. Berikan waktu agar produk bekerja dengan baik dan jangan terlalu sering berganti produk.
 
Kelima, apa pun jenis kulit Anda, selalu gunakan tabir surya. Ini adalah pertahanan terbaik Anda melawan penuaan dini dan kerusakan kulit.
 
Jika Anda tidak yakin dengan jenis kulit atau masalah spesifik Anda, konsultasikan dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan wawasan yang sangat berharga.
 
Selain dengan produk perawatan kulit yang sesuai, hidrasi tubuh sangat penting. Hidrasi dari dalam ke luar dengan minum banyak air karena kulit yang terhidrasi dengan baik terlihat dan terasa lebih baik.
 
Dukung juga dengan mengurangi stres, cukup tidur, dan pertahankan pola makan seimbang. Faktor gaya hidup ini berdampak signifikan terhadap kesehatan kulit Anda.

Baca juga: Awal remaja adalah waktu yang tepat untuk kenal perawatan kulit

Baca juga: Benar kah skincare dalam make up bekerja efektif? Ini kata dokter

Baca juga: Tren estetik menggunakan "liquid facial filler"

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024