Jakarta (ANTARA) - Timnas Maroko dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023 berkat gol tunggal Hakim Ziyech ke gawang Zambia dalam matchday ke-3 Grup F di Stade de San Pedro pada Kamis dini hari WIB.

Hasil ini memastikan Maroko menjadi tim terbaik di Grup F dengan torehan tujuh poin. Sementara Republik Demokratik Kongo mendampingi ke babak 16 besar usai imbang 0-0 lawan Tanzania.

Kemenangan Maroko juga mengandaskan harapan Zambia untuk lolos. Zambia hanya perlu hasil imbang saja untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik, dengan modal dua poin dan selisih gol nol.

Sementara itu, tuan rumah Pantai Gading menjadi tim yang diuntungkan karena lolos setelah Zambia gagal menambah poin, finis sebagai tim terbawah dari empat tim terbaik peringkat ketiga.

Pantai Gading sendiri sebelumnya memecat pelatih Jean-Louis Gasset usai kekalahan telak 0-4 dari Guinea Ekuatorial. Namun, tuan rumah masih bisa melaju berkat kemenangan Maroko.

Baca juga: Kamerun lolos 16 besar Piala Afrika saat Onana dicadangkan

Sementara di Grup E, tiga tim memastikan lolos. Mali menjadi juara grup disusul Afrika Selatan dan Namibia, sementara Tunisia terhenti sebagai juru kunci.

Tunisia gagal meraih kemenangan yang dibutuhkan usai ditahan Afrika Selatan 0-0. Hasil imbang tanpa gol juga menghiasi laga Namibia kontra Mali.

Hasil matchday ke-3 Piala Afrika 2023 hingga Kamis (25/1/2024) dini hari WIB, berdasarkan laman resmi Piala Afrika 2023:

Namibia 0-0 Mali
Afrika Selatan 0-0 Tunisia
Tanzania 0-0 Republik Demokratik Kongo
Zambia 0-1 Maroko (Hakim Ziyech 37')

Tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2023:

Guinea Khatulistiwa
Nigeria
​​​​​Tanjung Verde
Mesir
Senegal
Kamerun
​​​​Angola
Burkina Faso
​​​​​​Mali
Afrika Selatan
​​​Maroko
RB Kongo
​​​​​​​Namibia
Mauritania
​​​​​​​Guinea
​​​​​​​Pantai Gading

Baca juga: Imbang lawan Cape Verde, Mesir secara dramatis lolos ke 16 besar

Baca juga: Guinea Khatulistiwa dan Nigeria lolos ke babak 16 besar

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024