Pontianak (ANTARA) - Ahmadi warga Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, Kalimantan Barat tampak kaget karena tidak menyangka rumahnya akan didatangi langsung oleh Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian yang didampingi Ketua TP PKK Pontianak dan sejumlah pejabat lainnya.

Salam dari orang nomor satu di Kota Khatulistiwa tersebut, dijawab sedikit gugup Ahmadi beserta istrinya dari depan rumah. Penjabat Wali Kota Pontianak menanyakan kabar kepada Ahmadi.

Kehadiran Ani Sofian dan rombongan ke rumah - rumah warga termasuk ke rumah Ahmadi dan sejumlah warga lainnya di Kota Pontianak dalam rangka menyerahkan bantuan paket pangan program aksi percepatan penurunan stunting. Pemberian bantuan pangan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menurunkan stunting dan meningkatkan gizi anak.

Ahmadi yang sehari-harinya bekerja sebagai sopir truk pengangkut material bangunan dan ayah dari lima orang anak harus banting tulang dalam membesarkan anak-anaknya.

Dengan kondisi yang tidak selalu berkecukupan, ia dan keluarganya bergantung kepada perusahaan tempat Ahmadi bekerja. Jaminan sosial dan kesehatan tidak pasti baginya. Hal itu juga yang kurang mendukung kualitas gizi anak-anaknya.

Dengan program percepatan penurunan stunting yang rutin dilaksanakan, memberikan ketenangan bagi Ahmadi. “Bantuan ini sangat membantu kami. Apalagi ini diserahkan langsung oleh Pj Wali Kota Pontianak. Kami merasakan, itu bukti nyata hadirnya pemerintah," ungkap Ahmadi.

Penyaluran bantuan paket pangan untuk percepatan penurunan stunting menjadi satu di antara upaya pemerintah Kota Pontianak. Kebijakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak sebelumnya Edi Rusdi Kamtono - Bahasan,  kini  dilanjutkan oleh Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian.

 
Penyerahan bantuan pangan untuk percepatan penurunan stunting di Kota Pontianak (ANTARA/Dedi)


Dana Intensif

Pemerintah Kota Pontianak pada pada Oktober 2023  berhasil meraih penghargaan kinerja tahun berjalan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat berupa pemberian insentif fiskal atas keberhasilan percepatan penurunan stunting dan penurunan angka kemiskinan di Kota Pontianak.

Kota Pontianak meraih rangking tertinggi dari 89 kota se-Indonesia karena berhasil menurunkan angka stunting. Capaian keberhasilan itu mendapat penghargaan dari pemerintah pusat berupa dana insentif sebesar Rp6.987.558.000. Tak hanya itu, dana insentif sebesar Rp5.852.646.000 juga diberikan kepada Kota Pontianak atas keberhasilan menurunkan angka kemiskinan, sehingga total dana insentif yang diterima sebesar Rp12.840.204.000.

Saat itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Pontianak serta seluruh jajaran perangkat daerah, lembaga dan kelompok masyarakat, mitra pembangunan gencar serta aktif dalam upaya menurunkan angka stunting maupun menurunkan kemiskinan ekstrem di Kota Pontianak. Keberhasilan yang diraih ini tidak terlepas dari kerja keras dan kerja bersama dari seluruh perangkat daerah, para pihak dan masyarakat.

Kerja keras segenap jajaran pemerintah dan masyarakat tersebut berhasil menurunkan angka stunting, dari 24,4 persen di tahun 2021 menjadi 19,7 persen di tahun 2022. 

Upaya menurunkan angka stunting hingga kini terus dilakukan, di antaranya dengan menitikberatkan kepada seluruh calon pengantin dan ibu hamil. Harapannya,  agar mereka mendapatkan edukasi, informasi dan pelayanan kesehatan yang harus diperoleh bagi sasaran tersebut supaya bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat, termasuk di dalamnya ada bantuan pangan yang menyasar balita stunting.

Percepatan penurunan stunting di Kota Pontianak terus dilakukan pemerintah setempat.  Pemerintah Kota Pontianak pada 2024  memprioritaskan penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul memasuki Indonesia Emas pada 2045.

Langkah mempersiapkan SDM  guna menyongsong Generasi Emas 2045 dinilai sangat penting. Apalagi Indonesia sudah memasuki bonus demografi sehingga potensi ini harus bisa dimanfaatkan. Salah satu langkah tersebut  adalah menangani persoalan stunting.

Selain persoalan stunting, persoalan yang harus dituntaskan adalah kemiskinan ekstrem. Pemerintah menargetkan penanganan kemiskinan ekstrem bisa tuntas tahun 2024. Kemiskinan ekstrem menyebabkan masyarakat  tidak mampu memberikan makanan bergizi kepada anak-anaknya

Inovasi penanganan stunting yang digagas oleh kecamatan, kelurahan dan puskesmas serta posyandu di Kota Pontianak telah berbuah nyata dengan adanya penurunan signifikan angka stunting di beberapa wilayah.  Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu terus bergerak bersama guna menangani stunting.

Putus stunting

Ahli Gizi dari Universitas Tanjungpura Pontianak, Rahmania, S.Gz, M.P.H. menilai sudah saatnya memutus rantai kekerdilan atau stunting, karena. kekerdilan juga berpengaruh pada kualitas SDM. Gizi yang kurang dan pola asuh anak kurang maksimal, akan berdampak pada produktivitas dan kreativitas SDM.

Tingkat kualitas SDM akan sangat terganggu dengan adanya kekerdilan. Oleh karena itu, pemahaman dan pencegahan harus menjadi perhatian semua pihak guna mewujudkan generasi bangsa ke depan lebih baik. 

Kekerdilan adalah ketika anak di usia 0 – 5 tahun gagal tumbuh maksimal atau kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Anak mengalami kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Secara umum banyak faktor yang memengaruhi stunting di antaranya pola asuh dari keluarga baik seputar makanan, menjaga kebersihan makanan dan rumah, sanitasi rumah. Kalau kebersihan buruk, rumah kotor dan lainnya juga sangat berpengaruh.

Kekerdilan sebenarnya bisa dicegah, bahkan dimulai sejak orang tua menikah. Perencanaan kehamilan dan saat ibu hamil pasokan gizi bayi dalam kandungan harus diperhatikan.

Ketika lahir, gizi dan kesehatan harus diperhatikan juga dengan pola asuh yang benar. Literasi para orang tua terhadap gizi dan pentingnya memaksimalkan 1.000 hari pertama kehidupan harus dimaksimalkan.

Upaya percepatan penurunan stunting tetap perlu dimaksimalkan melalui program-program yang ada. Selain itu, literasi soal gizi juga harus terus digencarkan kepada orang tua melalui posyandu. Dengan demikian, upaya simultan dalam rangka menekan angka stunting akan membuahkan hasil yang menggembirakan. 
 

Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2024