Bogor (ANTARA) - Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berwisata ke Tanzania sebagai turis, selepas Jokowi pensiun sebagai Presiden Indonesia ke-7.

"Setelah Bapak pensiun, saya berharap Bapak bisa mengunjungi Tanzania sebagai turis untuk mengunjungi langsung tempat-tempat wisata kami," kata Presiden Samia saat mengakhiri sambutannya di sela kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Samia mengaku sangat senang untuk kembali menyambut kehadiran Jokowi di Tanzania, dengan statusnya sebagai turis, setelah pensiun sebagai Presiden RI.

"Saya akan sangat senang untuk menyambut Bapak," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Samia juga berterima kasih atas kesempatan untuk memajukan hubungan luar biasa untuk kemajuan Indonesia-Tanzania.

"Saya ingin berterima kasih atas undangan Bapak kepada saya untuk mengunjungi negara indah ini," katanya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah mengunjungi Tanzania untuk kali pertama sebagai Presiden pada Agustus 2023. Selain Tanzania, Jokowi juga mengunjungi Kenya, Mozambik, dan Afrika Selatan.

Tanzania juga telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta sebagai komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

Dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Samia di Istana Kepresidenan Bogor, dibahas sejumlah kerja sama dalam rangka mempererat persahabatan kedua negara, mulai dari kerja sama sektor perdagangan, investasi, energi hijau hingga menyamakan persepsi untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024