Natuna (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyebutkan generasi Y atau pemilih dengan usai 28-40 tahun menjadi pemilih terbanyak di daerah itu.
 
 
 
Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Natuna Bahrul Amin di Natuna, Kamis mengatakan jumlah pemilih dengan usia tersebut sebanyak 35 persen dari 57.504 daftar pemilih tetap (DPT) di Natuna.

 
 
Sedangkan di posisi kedua yakni gen Z atau pemilih dengan usia 17-27 tahun dan gen X atau pemilih dengan usia 44-60 tahun dengan persentase 27 persen.

 
 
"Selanjutnya itu Baby Boomer atau pemilih dengan usia 60-78 sekitar 10 persen terus Pre Baby (79 tahun ke atas) satu persen," ucap dia.
 
 
 
Sementara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Natuna Tomi Yanto mengatakan target partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Natuna sebanyak 85 persen dari jumlah DPT di daerah itu.
 
 
 
Ia menyebut untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya telah melakukan berbagai upaya seperti sosialisasi melalui media sosial hingga ke sekolah-sekolah.
 
 
 
"Tujuh bulan sejak kami dilantik kami sudah melakukan beberapa sosialisasi, mulai dari nonton bareng, jalan santai dan ke sekolah-sekolah," kata dia.
 
 
 
Ia menyebut dalam waktu dekat pihaknya akan kembali menyosialisasikan terkait Pemilu 2024 ke Perguruan Tinggi dan penyandang disabilitas.
 
 
 
Tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman terkait pemilu kepada mahasiswa dan penyandang disabilitas.
 
 
 
"Tanggal 26 (Januari) nanti kita akan lakukan lagi di kampus dan disabilitas," ujar dia.

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024