bibitnya juga hasil swadaya dari anggota KPPS
Jepara (ANTARA) - Sebanyak 24.430 anggota KPPS di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menanam bibit pohon penghijauan di lokasi yang nantinya menjadi tempat pemungutan suara (TPS) sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Setiap anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Umum (KPPS) menanam satu pohon keras di wilayah tempat pemungutan suara (TPS) tiap desa/kelurahan masing-masing," kata Anggota KPU Kabupaten Jepara Muhammadun di Jepara, Kamis.

Bibit pohon yang ditanam merupakan tanaman keras, seperti mahoni, sengon, jati, juga beberapa tanaman buah.

"Pengadaan bibitnya juga hasil swadaya dari anggota KPPS," ujarnya.

Tempat penanaman pohonnya, di dekat calon lokasi TPS, seperti pekarangan dan kebun milik warga.

Baca juga: ASDP tanam 1.000 bibit pohon mangrove di Jepara
Baca juga: 8.000 bibit pohon ditaman di kawasan hutan kritis di Jepara


Alasan penanaman bibit pohon tersebut, di antaranya karena kebutuhan logistik pemilu, salah satunya surat suara tentunya membutuhkan bahan baku kertas yang cukup banyak, sehingga memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam.

Untuk itulah, kata dia, sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, maka semua anggota KPPS usai dilantik diminta menanam satu bibit pohon.

Sementara hasil monitoring pelantikan KPPS di Desa Mambak, menurut dia, berlangsung lancar. Anggota KPPS yang dilantik mayoritas berusia muda, di bawah 40 tahun.

"Kami ucapkan selamat bekerja dengan tetap menjaga semangat sebagai penyelenggara pemilu. Profesionalitas dan integritas sebagai penyelenggara dijaga bersama, serta tetap menjaga Kesehatan," ujarnya.

Setelah pelantikan, selama tiga hari secara bergelombang dan terbagi dalam beberapa sesi, semua KPPS mengikuti bimbingan teknis penyelenggaraan pemilu di TPS, dengan fasilitator dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan masing-masing dan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

"Fasilitator dari KPU kabupaten Jepara juga akan mendampingi proses bimbingan teknis," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Jateng tanam 1 juta lebih pohon untuk selamatkan lahan kritis
Baca juga: Lereng Gunung Merapi ditanami pohon pelaku jasa perhotelan


Pelantikan KPPS dilakukan secara serentak, Kamis, sekaligus menandai masa kerja mereka selama sebulan. KPPS akan menyelenggarakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 14 Februari 2024.

Untuk itu, semua anggota KPU Kabupaten Jepara melakukan monitoring pelantikan KPPS. Termasuk Ketua KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma hadir di pelantikan KPPS di Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo. Sedangkan Muhammadun hadir di Desa Mambak, Kecamatan Pakis Aji.

Untuk anggota KPU lainnya, di beberapa desa di antaranya di Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan. Sedangkan KPU RI juga melakukan monitoring pelaksanaan pelantikan KPPS secara serentak secara daring, dan pelantikan di tiga desa di Jepara tersebut termasuk yang dimonitor KPU RI.

Jumlah TPS di Kabupaten Jepara sebanyak 3.490 TPS yang tersebar di 183 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan.

Baca juga: Warga Kudus tanam 1.000 pohon produktif di Pegunungan Muria
Baca juga: Ratusan siswa di Temanggung tanam 1.000 pohon di lereng Gunung Sumbing

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024