Itu sekitar 60 persen dari total pelanggan PLN di Sumut yang di kisaran 4,4 juta orang
Medan, Sumut (ANTARA) - Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) UID Sumatera Utara (Sumut) Yasmir Lukman mengatakan jumlah pengguna aplikasi PLN Mobile di wilayahnya mencapai sekitar 2,5 juta orang pada 2023.

"Itu sekitar 60 persen dari total pelanggan PLN di Sumut yang di kisaran 4,4 juta orang," ujarnya di Medan, Sumut, Kamis.

Menurut Yasmir, pelanggan yang belum memakai PLN Mobile biasanya berdomisili jauh dari pusat kota termasuk di desa-desa.

Pelanggan tersebut, dia melanjutkan, masih mengandalkan keberadaan kantor PLN terdekat untuk menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan layanan kelistrikan.

"Mereka biasanya langsung ke kantor PLN karena memang di sana selalu tersedia posko layanan," kata Yasmir.

Untuk itu, PLN UID Sumut terus berupaya menyosialisasikan PLN Mobile dengan semua keunggulannya kepada pelanggan.

Yasmir menyebut pelanggan yang datang ke kantor PLN di wilayah Sumut selalu diberikan informasi dan diajak mengunduh lalu mengaktifkan PLN Mobile di gawainya.

Selain itu, PLN UID Sumut juga rutin memublikasikan PLN Mobile melalui berbagai saluran khususnya media sosial.

"Kami ingin semua pelanggan PLN menggunakan PLN Mobile," tuturnya.

PLN Mobile, dia memaparkan, memberikan banyak keuntungan kepada pelanggan PLN, mulai dari pembayaran layanan listrik, pembelian token, hingga pengaduan.

Yasmir pun memastikan setiap pengaduan yang masuk via PLN Mobile akan ditindaklanjuti dengan segera.

"Aplikasi itu mempunyai sensitivitas respons yang tinggi. Pengaduan bahkan bisa tereskalasi sampai kantor PLN pusat di Jakarta. Selain itu, PLN Mobile juga menyediakan layanan pasang baru, tambah daya, dan lain-lain. Nyaris semua layanan PLN ada di PLN Mobile," kata dia.

PLN Mobile, yang diluncurkan pada akhir Oktober 2016, sudah diunduh lebih dari 42 juta orang secara nasional hingga 2023.

Baca juga: PLN UID Sumut pasang gratis sambungan listrik untuk 4.500 keluarga
Baca juga: PT PLN UID Sumut melanjutkan program pemberdayaan di dua desa
Baca juga: PLN Aceh siapkan infrastruktur dukung PON 2024


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024