Pembaca nantinya tidak hanya membaca buku fisik atau mendengarkan dongeng, tetapi bisa juga mengakses internet dan membaca buku digital...
Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Patiware mengungkapkan bahwa perpustakaan keliling milik Pemkot Makassar akan dilengkapi wifi untuk internet pada 2024.

"Penambahan fasilitas ini atas kerja sama dan dukungan dari PT Telkomsel," kata Andi Patiware di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis.

Ia memastikan pada tahun 2024 Dinas Perpustakaan Kota Makassar mulai melengkapi tiga mobil perpustakaan keliling dengan wifi internet mobile.

"Pembaca nantinya tidak hanya membaca buku fisik atau mendengarkan dongeng, tetapi bisa juga mengakses internet dan membaca buku digital atau mengakses dongeng online Dongkelor di mobil perpustakaan keliling," katanya. 

Baca juga: Perpusnas dorong Dispus Makassar tingkatkan gemar baca dari keluarga

Selain penambahan fasilitas internet, kata dia, Telkomsel juga akan melanjutkan penambahan unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM). Satu unit MPM telah diberikan pada tahun 2022 di Lorong Wisata (Longwis) Indianapolis Assamaturu, Jalan Baji Ati, Kelurahan Baji Mappakasunggu Kecamatan Mamajang, dan menjadi inovasi terbaik di Kota Makassar saat itu. 

MPM merupakan inovasi yang menggabungkan perpustakaan mini dengan warung jajanan dan gerai mini pulsa. Unit MPM selanjutnya akan ditempatkan di ruang publik, seperti di Pantai Losari.

Manager Mobile GTM Operation Telkomsel Regional Sulawesi Agung Paty Lupinto menyebut akan berupaya mendukung program perpustakaan keliling tersebut.

Baca juga: Makassar masuk 10 besar Tingkat Gemar Membaca di Indonesia Perpusnas

Menurutnya, kolaborasi dengan perpustakaan akan mempercepat akselerasi dan kesinambungan program literasi di Kota Makassar.

"Telkomsel tidak hanya berfokus di penjualan saja, tetapi juga melakukan edukasi agar masyarakat semakin cerdas, mudah mengakses informasi dan ilmu pengetahuan, serta mendorong tumbuhnya kegemaran membaca," ucapnya.

Ada tiga rencana kolaborasi yang akan dijalin antara Dinas Perpustakaan dan Telkomsel yakni layanan internet di perpustakaan keliling, melanjutkan penambahan Unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM) untuk mendekatkan layanan perpustakaan dan layanan Telkomsel, serta pemberdayaan tenaga perpustakaan di perpustakaan sekolah dalam peningkatan layanan perpustakaan.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Makassar hadirkan Mini Pustaka Mart
 
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024