Jakarta (ANTARA) - Bournemouth menghancurkan Swansea dengan skor 5-0 pada pertandingan putaran keempat Piala FA yang dimainkan pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, untuk membawa mereka ke putaran 16 besar.

Pasukan Andoni Iraola tampil cemerlang di Stadion Vitality ketika gol-gol dari Lloyd Kelly, Alex Scott, Luis Sinisterra, David Brooks, dan Dominic Solanke memporak-porandakan lawannya yang berasal dari divisi Championship, demikian dikutip dari AFP.

Bournemouth telah mengalahkan Swansea dengan skor 3-2 pada pertandingan Piala Liga Inggris musim ini, ketika gol Ryan Christie pada fase akhir laga mengunci kemenangan perdana Iraola sebagai pelatih The Cherries.

Kali ini gol dramatis tidak diperlukan, ketika tim penghuni strata tertinggi Inggris itu memperlihatkan perbedaan kualitas di antara kedua tim.

Bournemouth adalah tim pertama yang menuju putaran kelima Piala FA musim ini, sebab pertandingan-pertandingan 32 besar lainnya baru akan dimainkan pada Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin.

Baca juga: Nottingham Forest dan Everton melaju ke putaran keempat Piala FA

Bournemouth harus bangkit dari tertinggal dua gol untuk mengalahkan tim strata kedua QPR pada putaran ketiga.

Namun kali ini mereka hanya memerlukan sepuluh menit untuk menggenggam keunggulan dua gol. Pada menit ketujuh, tendangan bebas David Brook menimbulkan kepanikan dari Bashir Humprey, yang keputusannya untuk membiarkan bola membuat Kelly dapat menyambar bola dengan sepakan setengah voli.

Bournemouth kembali mengemas gol tiga menit kemudian, saat Brooks berlari kencang sebelum mengirim operan untuk dikonversi menjadi gol oleh Scott.

Situasi semakin memburuk bagi Swansea empat menit kemudian ketika operan buruk Andy Fisher dapat diintersep oleh Scott, dan sang gelandang memberi umpan kepada Sinisterra yang menambahi gol Bournemouth dengan tembakan ke sudut jauh gawang.

Baca juga: Manchester United singkirkan Wigan Athletic di putaran ketiga Piala FA

Swansea berusaha untuk merespon ketika sepakan Kyle Naughton membentur tiang gawang, dan Nathan Wood memaksa kiper Bournemouth Mark Travers melakukan penyelamatan bagus.

Namun Brooks menambah penderitaan tim tamu pada menit ke-35 dengan penyelesaian tenang memaksimalkan operan Solanke.

Solanke turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-44, melalui sentuhan penyelesaian dari jarak dekat setelah Sinisterra mengirim umpan silang.

Pada babak kedua, Bournemouth mengendurkan tekanan dan bermain lebih santai. Meski dalam situasi seperti itu, tim tamu Swansea gagal mencetak gol pelipur lara, dan Bournemouth pun mencatatkan kemenangan terbesar di semua kompetisi sejak Juli 2021.

Susunan pemain:

Bourneouth: Mark Travers, James Hill, Illia Zabarnyi, Marcos Senesi, Lloyd Kelly, Lewis Cook, Ryan Chritie, David Brooks, Alex Scott, Luis Sinisterra, Dominic Solanke

Swansea: Andy Fisher, Harrison Ashby, Nathan Wood, Kyle Naughton, Bashir Humphreys, Matt Grimes, Joe Allen, Jay Fulton, Liam Cullem, Jerry Yates, Charlie Patino

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024