Laba Bank Kalbar sebesar Rp424,42 miliar dan hal itu berkontribusi 92 persen dari total laba 20 BUMD di seluruh Kalbar yang sebesar Rp457,98 miliar
Pontianak (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat (Bank Kalbar) menyumbang 92 persen dari total laba badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar.

"Laba Bank Kalbar sebesar Rp424,42 miliar dan hal itu berkontribusi 92 persen dari total laba 20 BUMD di seluruh Kalbar yang sebesar Rp457,98 miliar," ujar Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa Bank Kalbar yang sahamnya dikuasai Pemerintah Provinsi Kalbar menjalankan peran sebagai agen pembangunan daerah Kalbar melalui pengelolaan dana pemerintah daerah serta penyaluran kredit kepada masyarakat termasuk untuk mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kredit yang disalurkan Bank Kalbar hingga akhir 2023 sebesar Rp15,57 triliun, atau lebih besar dari posisi kredit per 2022 yang sebesar Rp14,46 triliun," jelas dia.

Terkait aset BPD Kalbar 2023 mencapai Rp956,45 triliun atau memberi kontribusi 95 persen terhadap besaran aset BUMD yang sekitar Rp1.000 triliun.

Baca juga: Bank Kalbar diminta beri kemudahan UMKM dapatkan kredit usaha

Baca juga: BPD Kalbar hadirkan edukasi keuangan menyasar daerah perbatasan


"Bersyukur di tengah pusaran politik daerah, pengelolaan BPD masih jauh lebih bagus dari kebanyakan BUMD lain. Selain menjadi contoh baik dalam praktik good corporate governance (GCG) di lingkungan BUMD, BPD juga terus mencatat kinerja keuangan yang baik dan menjadi kontributor utama bagi BUMD baik dari sisi kekayaan, laba, maupun sumbangan pendapatan asli daerah," kata dia.

Ia mengajak masyarakat Kalbar untuk memanfaatkan fasilitas transaksi keuangan dengan Bank Kalbar. Hal itu dengan bertransaksi dengan Bank Kalbar maka ikut memajukan bank kebanggaan daerah Provinsi Kalbar tersebut.

"Terpenting lagi dengan kita bersama Bank Kalbar berati ikut memajukan ekonomi Kalbar ini. Mari selalu gunakan Bank Kalbar di setiap transaksi keuangan," kata dia.

Baca juga: Kalbar-BI berkolaborasi dorong Ekraf dengan Pekan QRIS Nasional

Baca juga: BNI gandeng Bank Kalsel, Kaltimtara, dan Kalbar tingkatkan pelayanan

Pewarta: Dedi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024