Kalau ada terjadi kenaikan bahan sembako di pasaran, kami akan melakukan operasi pasar di sejumlah wilayah yang ada di Kota Palangka Raya dengan tujuan menekan harga tersebut
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah gencar melakukan sidak harga sembako yang berada di pasar-pasar tradisional di kota setempat.

Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya, Hadriansyah di Palangka Raya, Jumat, mengatakan sidak harga sembilan bahan pokok di pasar tradisional di daerah setempat tujuannya untuk mengetahui perkembangan harga sembako di pasaran setiap harinya.

"Saat ini harga sembako di pasar kita aman dan tidak ada terjadi kenaikan yang cukup signifikan, bahkan kami juga terus mengupayakan sidak agar mengetahui harga bahan pokok di pasaran setiap minggunya," kata Hadriansyah.

Dia mengatakan, untuk saat ini permintaan sembako di pasaran masih terbilang biasa saja dan tidak tidak ada terjadi permintaan yang meningkat, seperti hari-hari keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal.

Meskipun harga sembako di pasar tradisional masih normal dan stabil, DPKUKMP Kota Palangka Raya juga akan terus melakukan sidak pasar dan melakukan pendataan terhadap bahan-bahan kebutuhan masyarakat tersebut mana yang stabil dan mana yang tidak stabil nantinya.

"Kalau ada terjadi kenaikan bahan sembako di pasaran, kami akan melakukan operasi pasar di sejumlah wilayah yang ada di Kota Palangka Raya dengan tujuan menekan harga tersebut," katanya.

Kemudian, sambung dia, agar masyarakat tidak panik dengan adanya kenaikan harga sembako yang mengalami kenaikan di pasar tradisional. Bahkan instansi terkait juga akan mencari tahu penyebab terjadinya kenaikan sembako tersebut.

"Yang jelas kami tidak akan tinggal diam untuk mengintervensi harga sembako di pasaran dengan cara operasi pasar. Bahkan kami juga mengadakan pasar penyeimbang yang bekerja sama dengan para distributor sembako yang ada di Palangka Raya sehingga harganya murah," kata Hadriansyah yang akrab disapa Adaw.

Sementara itu, untuk daftar harga sembako di pasaran seperti beras Siam pada 24-25 Januari 2024 berada di angka Rp18 ribu per kg.

Kemudian gula pasir di harga Rp17 ribu per kg,sebelumnya juga berada di harga yang sama, minyak goreng merk Minyakita per liternya berada di angka Rp15 ribu.

Sedangkan bawang merah tidak ada mengalami kenaikan dari harga Rp38 ribu tetap dengan harga tersebut. Terakhir harga tepung merk Cakra Kembar per kilogramnya berada di harga Rp10 ribu sejak awal Januari 2024 sampai sekarang harganya tetap tidak ada mengalami kenaikan.

Baca juga: Menteri ATR/BPN ingin Palangka Raya segera menjadi Kota Lengkap

Baca juga: Kalimantan Tengah fokuskan intervensi pasar pada beras dan cabai

Baca juga: Pemprov Kalteng tetap bersiaga meski ketersediaan beras aman

 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024