Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas lolosnya tim nasional sepak bola Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia AFC 2023.

Prestasi yang ditorehkan timnas tersebut merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia akan bertarung di babak 16 besar turnamen sepak bola terbesar di benua Asia tersebut.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar, (dan) tentu saja selamat juga untuk PSSI. Ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia," kata Presiden dalam keterangan persnya yang dipantau secara daring, Jumat.

Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik setelah mencatatkan 3 poin dari tiga pertandingan.

Baca juga: Presiden senang Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia
 

Tim Merah Putih dipastikan lolos setelah Oman bermain imbang 1-1 melawan Kirgiztan di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis (25/1).

Di babak 16 besar, timnas Indonesia akan menghadapi Australia yang lolos sebagai peringkat pertama grup B.

Presiden Jokowi pun menaruh harap agar timnas Indonesia dapat meraih kemenangan atas Australia.

"Kita harapkan nanti di pertandingan 16 besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin," kata dia.

Jokowi meyakini bahwa Indonesia akan mampu membangun prestasi sepak bola jika semua pihak serius dan terus bekerja keras.

"Saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola Indonesia kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras," ujarnya.

Baca juga: Menpora optimistis Indonesia bisa menang lawan Australia

Baca juga: Indonesia lolos ke 16 besar setelah Kirgistan tahan imbang Oman


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024