Dalam pendistribusian bantuan sosial pada sejumlah desa di dua kecamatan ini dibagi menjadi dua tim
Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendistribusikan bantuan sosial ke sejumlah desa terdampak banjir di dua kecamatan di wilayah setempat.

"Bantuan sosial (bansos) yang disalurkan yakni ke sejumlah desa yang tersebar di Kecamatan Dusun Hilir dan Jenamas," kata Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan di Buntok, Jumat.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan pascabanjir di Provinsi Jambi

Menurut dia, dalam pendistribusian bantuan sosial pada sejumlah desa di dua kecamatan ini dibagi menjadi dua tim.

Dikatakannya, untuk pendistribusian bansos di Kecamatan Jenamas ini dipimpin langsung dirinya, sedangkan pendistribusian bansos di wilayah Kecamatan Dusun Hilir dipimpin Sekda Barito Selatan, Eddy Purwanto.

"Untuk Kecamatan Jenamas ada sebanyak empat desa dan satu kelurahan yang terendam banjir. Meliputi Kelurahan Rantau Kujang, Desa Tabatan, Tampulang, Rangga ilung, dan Rantau Bahuang," katanya.

Pada empat desa dan satu kelurahan tersebut, ada sebanyak 400 rumah yang terdiri dari 2.815 Kepala Keluarga atau 9.516 jiwa yang terdampak banjir di kecamatan ini.

"Dampak banjir ini terjadi secara masif, sehingga saya harus turun mengajak jajaran bersama camat dan forum koordinasi pimpinan kecamatan serta puskesmas untuk bersama-sama menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng kirim 100 ribu sembako bantu warga terdampak banjir

Di samping mendistribusikan bansos, dalam peninjauan tersebut, pihaknya juga membawa tenaga kesehatan, dokter, bidan dan perawat untuk melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak banjir pada sejumlah desa.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan menjaga keluarganya masing-masing serta tetap berhati-hati," jelasnya.

Deddy meminta apabila ada permasalahan apapun terkait dengan banjir agar segera dilaporkan ke lurah/kepala desa melalui RW dan RT, yang selanjutnya disampaikan kepada camat, sehingga bisa segera ditindaklanjuti hingga ke kabupaten.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk penyaluran bansos tersebut tidak bisa diselesaikan semuanya dalam satu hari, sehingga dilakukan bertahap. Lantaran jumlah desa terdampak banjir di Barito Selatan berjumlah 56 desa.

"Meski demikian, kita akan terus melaksanakan pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk bansos ini. Begitu pengadaan bansos tersebut selesai dilaksanakan, maka bansos segera kita distribusikan kepada masyarakat terdampak banjir di daerah ini," jelasnya.

Sebelum mendistribusikan bansos pada dua kecamatan ini, pada hari sebelumnya, penjabat bupati juga telah menyalurkan bansos pada sejumlah desa di Kecamatan Dusun Selatan, Karau Kuala hingga Dusun Utara.

Baca juga: Wali Kota Semarang sebut wilayah banjir tinggal tiga persen

Pewarta: Kasriadi/Bayu Ilmiawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024