Kami menargetkan penanganan pohon tumbang dapat tuntas sebelum tengah malam karena ukurannya cukup besar
Cianjur (ANTARA) - Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melakukan penanganan cepat guna membuka kembali jalur Puncak yang terputus sementara akibat pohon tumbang yang menutup landasan jalan, Jumat (26/1) malam.

Kepala BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya saat dihubungi Jumat, mengatakan pohon berukuran besar di pinggir jalan Puncak, tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, tiba-tiba tumbang setelah hujan turun deras disertai angin kencang.

Baca juga: Pohon tumbang tutupi jalan Trans Sulawesi di Mamuju

"Dua sepeda motor dan satu unit mobil rusak berat tertimpa pohon berukuran sangat besar yang melintang jalan utama penghubung Kabupaten Cianjur dan Bogor, tidak ada korban jiwa, satu orang dilaporkan mengalami luka patah," katanya.

Saat ini petugas gabungan terdiri dari BPBD Cianjur, Damkar Cianjur, PMI Cianjur dan petugas kepolisian masih berusaha memotong pohon yang tumbang agar dapat arus lalu lintas dapat kembali berjalan normal.

Selama proses evakuasi dilakukan petugas, antrean kendaraan dari kedua arah terlihat memanjang dengan ekor antrean mencapai 5 kilometer tidak bergerak dari kedua arah, sehingga pihaknya bersama petugas gabungan berupaya melakukan penanganan cepat menggunakan alat bermesin.

"Kami menargetkan penanganan pohon tumbang dapat tuntas sebelum tengah malam karena ukurannya cukup besar, sedangkan arus lalulintas cukup tinggi menuju Bogor atau sebaliknya menuju Cianjur," katanya.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo siagakan layanan darurat 112 tangani pohon tumbang

Seiring masih tingginya curah hujan hingga Februari berdasarkan informasi dari BMKG, pihaknya meminta pengguna jalan tetap waspada dan berhati-hari terutama saat melintas di jalur rawan bencana longsor, banjir dan pohon tumbang di sepanjang jalur utama Puncak-Cianjur.

"Kami meminta warga terutama pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas di jalur Puncak hingga Cianjur, tidak memarkir kendaraan di bawah pohon dan lebih baik berhenti di tempat aman ketika hujan turun deras disertai angin kencang," katanya.

Kepala Desa Ciloto, Marwan mengatakan pohon tumbang menyebabkan satu orang pengendara sepeda motor yang melintas dari arah Cianjur ke Jakarta mengalami patah tulang dan telah dibawa ke RSUD Cimacan, sedangkan pengendara mobil minibus selamat meskipun kondisi mobil bagian belakang ringsek parah tertimpa pohon.

"Pohon dengan tinggi lebih dari 15 meter menutup seluruh landasan jalan utama Puncak, sehingga menyebabkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah. Sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang menjadi penyebab pohon tumbang," katanya.

Sementara petugas kepolisian menutup sementara jalur menuju Puncak dari Cipanas, selama proses evakuasi pohon tumbang dan mengalihkan arus kendaraan ke sejumlah jalur alternatif.

Baca juga: Polisi evakuasi pohon tumbang di Kawasan TNBBS Krui-Tanggamus

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024