Batam (ANTARA) - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI menilai prospek iklim investasi Indonesia pada tahun politik 2024 sangat positif.

Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Pengawas BP Batam Susiwijono Moegiarso di Batam, Jumat mengatakan hal tersebut juga perlu didukung dengan menjaga stabilitas politik dan iklim investasi, maka Kota Batam masih akan menarik untuk berinvestasi.

"Dari hasil bedah itu nasional maupun Batam kita menyimpulkan untuk investasi mereka (investor) sudah wait and see dan menyiapkan rencana. Artinya kalau dari segi investasi tahun politik ini sangat positif sekali," kata Susiwijono.

"Kita juga menganalisis bagaimana prospek investasi di tahun politik seperti saat ini, tadi sudah kita bahas dan simpulkan justru pada tahun politik ini pengalaman kita mengelola pesta demokrasi kan sudah lama, dari histori cukup positif termasuk BP Batam," tambah dia.

Selain itu, Kemenko Perekonomian juga melakukan evaluasi pasca pandemi COVID-19 untuk mendorong kembali investasi di Batam agar dapat bersaing dengan negara lain.

"Tidak cukup dengan hanya upaya-upaya yang sudah kita lakukan, tapi kita mendorong kembali kepastian dan kemudahan berusaha disini dan juga terkait dengan infrastruktur. BP Batam dan jajaran 2-3 tahun ini benar-benar telah menyiapkan infrastruktur dasar sehingga Batam masih akan menjadi tujuan investasi di Indonesia," katanya.

Menurut Susiwijono, dengan mempersiapkan infrastruktur dan utilitas dasar seperti bandara, pelabuhan, jalan, perluasan pelabuhan, penambahan penerbangan internasional hingga perhitungan defisit listrik, air dan lain sebagainya maka realisasi investasi di Kota Batam akan meningkat di tahun 2024.

"Dengan pemikiran-pemikiran itu kita sepakat bahwa dari hasil pertemuan (Leaders Offsite Meeting) ini akan kita formalkan untuk menjadi pedoman untuk menindaklanjuti kinerja BP Batam di tahun 2024, dengan itu kita yakin investasi di Batam akan naik dan pertumbuhan ekonomi 2024 akan lebih baik dan sejalan dengan optimisme kita," ujarnya.

Baca juga: Gubernur sebut Kaltara prospek tujuan investasi utama di Indonesia 

Baca juga: Bahlil yakinkan investasi pariwisata di Indonesia punya prospek baik

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024