Naga Dianggap Sebagai Tanda Keberuntungan Dalam Shio China

Seattle, (ANTARA/PRNewswire) - Hari ini, Layanan Pos A.S. meluncurkan Forever Stamp Tahun Baru Imlek: Tahun Naga di Chinatown - Distrik Internasional yang bersejarah di Seattle. Layanan Pos mencetak 22 juta perangko yang kini dijual di Kantor Pos dan usps.com.

Bagikan berita ini di media sosial dengan hashtag #LunarNewYearDragon dan #LunarNewYearStamps.

"Selama lebih dari tiga puluh tahun, Layanan Pos menerbitkan perangko untuk memperingati Tahun Baru Imlek dan perangko ini adalah salah satu yang tersukses dalam sejarah Layanan Pos," kata Eduardo H. Ruiz, Jr., Wakil Presiden Retail and Delivery Operations USPS Area WESTPAC Layanan Pos, yang menjabat sebagai petugas khusus. "Tempat kerja Layanan Pos adalah salah satu yang paling beragam di Amerika Serikat, dan basis pelanggannya juga sama beragamnya dengan negara ini. Perangko ini adalah contoh yang tepat yang mencerminkan warisan dan tradisi beragam budaya yang kaya di bangsa kita."

Peserta lain dalam upacara ini adalah Bruce Harrell, walikota Seattle; Connie So, profesor di University of Washington dan President OCA Greater Seattle-Asian Pacific American Advocates; Joël Barraquiel Tan, Direktur Wing Luke Museum; Claudine Cheng, Presiden APA Heritage Foundation; Tanya Woo, aktivis komunitas Seattle dan penari peraih penghargaan; penyanyi Cecilia Xu; Seattle Chinese Folk Dance Group dan Mak Fai Dragon and Lion Dance Team.

"Bagi banyak warga Amerika keturunan Asia, Tahun Baru Imlek adalah kesempatan untuk meninggalkan masalah tahun lalu, mengundang kemakmuran dan keberuntungan masa depan," kata So, profesor di University of Washington. "Upacara perangko Tahun Naga ini mengakui pentingnya keberagaman dan arti penting budaya yang dibawa orang Amerika keturunan Asia ke Amerika Serikat dan memberikan kesempatan kepada Seattle untuk mempromosikan arti penting Tahun Baru Imlek."

Latar Belakang Perangko Tahun Baru Imlek

Tanggal 10 Februari 2024, jutaan orang di seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Imlek. Dimulai pada malam bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin, festival Tahun Baru Imlek merayakan dimulainya musim semi dan saat pembaruan. Selain itu juga menandai awal Tahun Naga, tahun kelima dari 12 hewan dalam shio China. Tahun Naga berakhir pada tanggal 28 Januari 2025.

Pawai, pesta, dan macam-macam acara khusus lainnya turut memeriahkan festival Tahun Baru Imlek bagi orang Tionghoa, Korea, Vietnam, dan Mongolia di berbagai belahan dunia. Mereka menyalakan petasan untuk mengusir roh jahat dan membersihkan rumah sebagai tanda pembaruan sebelum musim semi. Mereka menulis puisi pendek dan memberikan hadiah untuk merayakan tahun baru. Lentera perayaan warna emas dan merah melambangkan keberuntungan digantung sebagai dekorasi, dan mereka yang merayakan menyiapkan makanan adat untuk menghormati musim tanam tradisional.

Bagi banyak orang, Naga adalah shio paling menguntungkan di antara shio China lainnya. Mereka yang lahir di Tahun Naga dianggap sukses, bijaksana, dan kuat. Bahkan banyak yang menganggap shio naga penuh keberuntungan sehingga mereka merencanakan melahirkan di tahun Naga. Setiap 12 tahun, banyak komunitas Asia mengalami ledakan kelahiran bayi karena daya pikat naga, satu-satunya makhluk mitologi dalam shio China.

Lima elemen - kayu, api, tanah, logam, dan air - juga dikaitkan dengan shio setiap tahun. Tahun 2024, Tahun Baru Imlek akan menandai dimulainya Tahun Naga Kayu. Karakteristik Naga Kayu berbeda dari naga elemen lainnya - mereka disebut lebih pendiam dan tertutup namun sukses, pemimpin yang kuat dan sepenuhnya mengabdi pada pekerjaan mereka.

Mulai tahun 2020, dalam rangka libur Tahun Baru Imlek, Layanan Pos A.S. memperkenalkan seri Tahun Baru Imlek ketiga. Ini adalah Forever Stamp kelima dalam seri tersebut dan akan berlanjut hingga tahun 2031 dengan perangko untuk Tahun Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

"Perangko Tahun Baru Imlek: Tahun Naga ini bukan perangko Amerika biasa," kata Tan, Direktur Eksekutif Wing Luke Museum. "Perangko ini mengandung cerita yang jauh lebih mendalam tentang inklusi dan kesetaraan. Karena Wing Luke Museum didedikasikan untuk memajukan kesetaraan ras dan sosial, kami memuji Layanan Pos yang mendorong kesadaran lebih besar terhadap budaya dan warisan Asia melalui program perangko karena naga melambangkan kekuatan, kemuliaan dan kehormatan."

Desain Perangko

Seniman Camille Chew membuat topeng naga dari kertas cetakan tangan, lalu memotong, mencetak, dan melipatnya menjadi bentuk topeng. Lalu dihiasinya dengan cat akrilik dan elemen kertas lainnya seperti bunga dan jumbai, dan menutup bagian belakang topeng ini dengan lapisan papier-mâché. Setelah jadi, lalu difoto dengan latar belakang warna putih.

Dengan warna dominan emas dan merah, topeng naga ini mengandung beberapa unsur dengan makna simbolis. Emas menandakan kemakmuran di tahun baru, sedangkan merah dianggap keberuntungan - warna ini sesuai dengan shio naga, yang konon adalah hewan yang paling membawa keberuntungan dibanding semua hewan dalam shio China.

Dengan arahan direktur seni Antonio Alcalá, Chew mengerjakan seri perangko ini untuk citra Tahun Baru Imlek kontemporer. Merujuk pada topeng hiasan indah dan warna-warni yang digunakan di pawai Tahun Baru Imlek, seni tiga dimensi Chew menggugah nuansa perayaan dan kegembiraan. Gambar 12 shio dalam gaya unik Chew ini membentuk garis vertikal di sisi kiri dan kanan seri 20 perangko tersebut.

Seri 20 perangko Tahun Baru Imlek: Tahun Naga ini diterbitkan sebagai Forever Stamp. Nilai Forever Stamp akan selalu sama dengan harga 1 ons terkini dari layanan First-Class Mail.

Produk Pos

Pelanggan dapat membeli prangko dan produk filateli lainnya di Postal Store, menelepon 844-737-7826 atau di lokasi Kantor Pos nasional. Untuk produk perangko berlisensi resmi, tersedia di USPS Officially Licensed Collection di Amazon.

Harap Perhatikan: Layanan Pos Amerika Serikat adalah lembaga pemerintah yang independen, diberi mandat untuk membiayai sendiri dan melayani setiap komunitas Amerika melalui pengiriman pos dan paket dengan harga terjangkau, andal, dan aman selama enam atau tujuh hari seminggu ke 167 juta alamat. Diawasi oleh Dewan Gubernur bipartisan, Layanan Pos A.S melaksanakan rencana transformasi selama 10 tahun, yakni Delivering for America, untuk memodernisasi jaringan pos, memulihkan keberlanjutan keuangan jangka panjang, meningkatkan layanan secara signifikan di semua kategori pos dan pengiriman, dan mempertahankan Layanan Pos A.S sebagai salah satu merek paling bernilai dan tepercaya di Amerika.

Umumnya Layanan Pos A.S. tidak mendapatkan dana pajak untuk biaya operasional, namun hanya bergantung pada penjualan perangko, produk dan layanan untuk dana operasional.

Untuk sumber bahan media USPS, termasuk video dan audio serta foto kualitas siaran, kunjungi USPS Newsroom. Ikuti kami di Twitter, Instagram, Pinterest dan LinkedIn. Berlangganan kanal USPS di YouTube dan sukai kami di Facebook. Untuk informasi lebih lanjut tentang Layanan Pos, kunjungi usps.com dan facts.usps.com.

Kontak nasional: David P. Coleman
Ponsel: 202-425-1476

Kontak Lokal: Kim Frum

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024