Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari TNI-Polri atas musibah erupsi Gunung Merapi di wilayah KRB III belum lama ini
Boyolali (ANTARA) - TNI dan Polri telah menggelar bakti sosial dengan pengobatan gratis dan membagikan paket sembako di tiga desa atau wilayah kawasan rawan bencana (KRB) III Gunung Merapi, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kegiatan bakti sosial (baksos) TNI Polri tersebut diawali dengan pembersihan di pasar dan kemudian pengobatan gratis serta penyaluran bantuan 300 paket sembako untuk masyarakat wilayah KRB III, di Desa Jrakah, Klakah, dan Tlogolele Kecamatan Selo, kata Kepala Polsek Selo Polres Boyolali Iptu Kiryanto, di Boyolali, Sabtu.

Dia menjelaskan setelah selesai kegiatan karya bakti bersih-bersih pasar, dilanjutkan dengan kegiatan pengobatan gratis dan penyaluran bantuan sembako 300 paket, untuk warga di wilayah KRB III yang dipimpin oleh Kepala Polres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi bersama Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo.

Menurut Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari TNI-Polri atas musibah erupsi Gunung Merapi di wilayah KRB III belum lama ini.

Kegiatan tersebut melibatkan personel Dokkes TNI-Polri, penyaluran bantuan sosial, dan kerja bakti pembersihan di Pasar Jrakah Selo.

Baca juga: Petani di lereng Merapi berupaya melestarikan tanaman endemik

Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari upaya cooling system atau upaya untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, sehingga kamtibmas terjaga dan terkendali menjelang pemilu.

Bahkan, Kapolres mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan berlalu-lintas demi keselamatan. Ia menekankan larangan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis yang bersuara bising, guna menciptakan suasana kondusif.

Sementara itu, Kepala Desa Jrakah, Tumar mengucapkan terima kasih atas kegiatan karya bakti sinergisitas TNI-Polri di Desa Jrakah, Klakah, dan Tlogolele di Kecamatan Selo Boyolali.

Dia menyambut baik perhatian dan bantuannya serta berharap dapat bermanfaat bagi warga. Desa Jrakah yang siap mendukung terlaksananya pemilu yang damai pada 2024.

Kegiatan tersebut semua berjalan dengan tertib, aman, dan lancar, menciptakan kebersamaan antara TNI, Polri, dan masyarakat setempat dalam kegiatan karya bhakti bersih-bersih pasar dan bhakti sosial pengobatan gratis serta pembagian paket sembako di daerah KRB III erupsi Gunung Merapi.

Baca juga: BPBD: Destinasi wisata di lereng Gunung Merapi masih aman dikunjungi
Baca juga: Mengenal Desa Mandiri Energi di lereng Merapi

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024