Jakarta (ANTARA) - Platform belanja online Blibli mencatat deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi pada fitur Solusi Retur Instan meningkat hampir 50 persen setelah menggunakan artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) dan algoritma machine learning (ML).

Solusi Retur Instan merupakan fitur purnajual Blibli yang memungkinkan pengguna melakukan retur atau mengembalikan produk yang dibeli bila ada ketidaksesuaian. Proses tersebut dilakukan melalui website maupun aplikasi Blibli dan telah menggunakan AI.

“Teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan, kemudian AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk untuk memberikan solusi. Berkat teknologi itu, proses deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi lebih cepat hampir 50 persen,” ujar Head of Business Process Transformation Blibli Azizah Purwitasari melalui rilis pers di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Upaya Blibli dalam menjalankan pengamanan data berkelanjutan

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang tersebut dapat ditemukan pelanggan Blibli setelah transaksi selesai. Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima dan ingin mengembalikannya, pelanggan dapat memprosesnya langsung secara mandiri.

Pertama, pilih dan foto barang yang ingin dikembalikan. Kedua, lengkapi dan kirim formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau proses berjalan.

Pada proses itu, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis melalui foto yang dilampirkan pelanggan dan langsung memberikan rekomendasi solusi.

“Sebagai contoh, apabila barang diterima dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur barang untuk segera mengirim produk pengganti,” Azizah menjelaskan.

Azizah menyebut bahwa saat ini, pengembalian barang di Blibli telah menjangkau seluruh Indonesia, bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan 47.800 lokasi titik retur yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Apple Watch Ultra 2 resmi dijual di Blibli

Baca juga: Kolaborasi TikTok-Tokopedia dinilai beri efek positif ke logistik RI

Baca juga: Shopee perkuat ekosistem belanja daring melalui kampanye terbaru


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024