Hingga pukul 22:30 WIB petugas gabungan dari BPBD, Damkar Cianjur dan PMI Cianjur, masih berupaya melakukan penanganan cepat menggunakan 10 unit mesin pemotong kayu
Cianjur (ANTARA) - Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mengalihkan arus kendaraan dengan tujuan Bogor dan seterusnya ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, karena proses pembersihan material pohon tumbang yang masih berjalan setelah tiga jam lebih penanganan.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Adhi Prasidya saat dihubungi Jumat (26/1) malam, mengatakan hingga pukul 22:30 WIB petugas gabungan dari BPBD, Damkar Cianjur dan PMI Cianjur, masih berupaya melakukan penanganan cepat menggunakan 10 unit mesin pemotong kayu.

"Besarnya pohon yang tumbang membuat proses evakuasi membutuhkan waktu cukup panjang, menyebabkan antrean panjang kendaraan dari kedua arah berhenti total, sehingga dilakukan penutupan arus menuju Puncak mulai dari Tugu Lampu Gentur, By Pass, Cianjur," katanya.

Pihaknya menyiagakan petugas dan memasang papan pemberitahuan bagi pengendara dengan tujuan Puncak, Bogor dan seterusnya untuk mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi karena proses evakuasi diperkirakan akan berlangsung hingga Sabtu dini hari.

Baca juga: Petugas lakukan penanganan pohon tumbang tutup jalur Puncak

Selama proses evakuasi pohon berukuran sangat besar membuat antrean kendaraan dari kedua arah terus memanjang lebih dari 8 kilometer, sehingga selama penutupan jalur menuju Puncak, hanya warga lokal dengan tujuan Pacet, Cipanas dan Sukaresmi yang diizinkan melintas.

"Kami berharap proses evakuasi dapat tuntas sebelum dini hari agar arus lalulintas dapat berjalan normal, namun cuaca yang masih turun hujan membuat petugas cukup kesulitan meski bekerja secara bergantian," katanya.

Seperti diberitakan Petugas gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, melakukan penanganan cepat guna membuka kembali jalur Puncak yang terputus sementara akibat pohon tumbang yang menutup landasan jalan, Jumat (26/1) malam.

Kepala BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya, mengatakan pohon berukuran besar di pinggir jalan Puncak tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, tiba-tiba tumbang setelah hujan turun deras disertai angin kencang.

"Dua sepeda motor dan satu unit mobil rusak berat tertimpa pohon berukuran sangat besar yang melintang jalan utama penghubung Kabupaten Cianjur dan Bogor, tidak ada korban jiwa, namun satu orang dilaporkan mengalami luka patah," katanya.

Sejak Jumat malam puluhan petugas gabungan terdiri atas BPBD Cianjur, Damkar Cianjur, PMI Cianjur dan petugas kepolisian masih berusaha memotong pohon yang tumbang agar dapat arus lalulintas dapat kembali berjalan normal.

Baca juga: Antisipasi tumbang, Jaksel pangkas 22.584 pohon demi keselamatan warga

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024