Banyak transformasi dan inovasi digital yang sudah dilakukan PLN dengan predikat sangat bagus.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria mengapresiasi transformasi PT PLN (Persero) yang terus berdampak positif terhadap layanan bagi pelanggan.

Menurut dia, transformasi PLN sangat terasa bagi pelanggan, khususnya pada sisi inovasi digital melalui aplikasi PLN Mobile.

"Banyak transformasi dan inovasi digital yang sudah dilakukan PLN dengan predikat sangat bagus. Dan dampaknya bagus bagi bisnis dan pelanggan yang ada di seluruh Indonesia," kata Sofyano dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu.

Selain dari sisi pelayanan pelanggan, pihaknya juga mengapresiasi peranan PLN yang menjalankan proses bisnis dengan tetap mengutamakan kelestarian lingkungan.

Hal itu terlihat dari diraihnya 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (Proper) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) oleh BUMN kelistrikan tersebut.

"Raihan Proper Emas dari tahun ke tahun yang jumlahnya terus meningkat membuktikan bahwa PLN sudah mengelola perusahaan secara pruden dan ramah lingkungan secara menyeluruh dan kontinyu," ujarnya.

Selain itu, dalam ajang Subroto Award 2023 yang digelar pada September 2023 oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN pun mampu menyabet delapan penghargaan.

Penghargaan Subroto merupakan apresiasi Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.

Penghargaan tidak hanya diraih PLN pada skala nasional, katanya pula, tapi juga berasal dari skala internasional pada 2023 antara lain, Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober.

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil membawa pulang 8 penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus.

Berkat tranformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 di bulan Oktober.

Menurut Sofyano, PLN memang sudah memiliki budaya kerja yang kuat, sehingga sangat mudah bagi perusahaan tersebut untuk melakukan transformasi dan inovasi.

Dia menilai sejumlah penghargaan yang diraih PLN tersebut tidak lepas dari komitmen pimpinannya memiliki komitmen kuat terhadap digitalisasi dan pelayanan.

Buktinya, kata Sofyano, dampak positif bagi keberlangsungan bisnis membuat Dirut PLN Darmawan Prasodjo juga dinobatkan sebagai CEO Of The Year dari media internasional dalam dua tahun berturut-turut.

Total penghargaan yang diperoleh PLN, yakni 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional hingga internasional sepanjang 2023.
Baca juga: PLN catat 76.900 desa/kelurahan terima sambungan listrik
Baca juga: PLN bangun PLTS 1 juta atap di Kalbar untuk tingkatkan elektrifikasi

Pewarta: Subagyo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024