Jakarta (ANTARA) - Seri terbaru film Dilan, berjudul "Dilan 1983: Wo Ai Ni" dijadwalkan tayang di bioskop tahun ini dan aktor Muhammad Ahdiyat dipercaya memerankan tokoh Dilan, demikian seperti diungkap pihak Falcon Pictures.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta pada Sabtu, film yang disutradarai Fajar Bustomi dan ditulis Pidi Baiq serta Alim Sudio itu, mengisahkan Dilan (diperankan Muhammad Adhiyat) semasa sekolah dasar, yang tinggal di Bandung lalu harus pindah ke Timor Timur mengikuti ayahnya yang bertugas sebagai tentara pada tahun 1983.

Setelah satu setengah tahun di Timor Timur, Dilan kembali ke Bandung. Ia lalu bertemu dengan sahabat lamanya, Mei Lien (Malea Emma). Dilan menyukai Mei Lien, walau tahu tidak boleh berpacaran dengannya.

Berbicara aktor pemeran dalam film ini, Pidi Baiq mengungkapkan sempat kesulitan mencari sosok yang pas untuk jadi pemeran Mei Lien dan Dilan.

Baca juga: Film "Milea: Suara Dari Dilan", sudut pandang si panglima tempur

"Paling susah pas cari Mei Lien. Sama seperti saat mencari Dilan. Saya cari di sosmed, sampai akhirnya menemukan Malea. Saya langsung hubungin teh Erica. Tapi ternyata ada di Amerika. Tapi saya maunya Malea, dan ternyata dia pernah di Hollywood juga," kata dia.
 
Produser "Dilan 1983: Wo Ai Ni" Frederica mengatakan butuh waktu sekitar dua tahun pencarian hingga akhirnya menemukan Adhiyat dan Malea.
 
Sementara itu, para aktor yang berpartisipasi dalam film terbaru Dilan mengungkapkan upaya mereka agar dapat memerankan karakter masing-masing.
 
Adhiyat misalnya, yang yang dipercaya memerankan tokoh Dilan, mengaku sudah belajar tentang sosok Dilan dari Pidi dan Fajar termasuk tentang cara Dilan bicara, dan sikapnya.
 
"Semua sudah bisa," ujar dia.
 
Hal senada juga disampaikan oleh pemeran Mei Lien, Malea Emma. Dia mengatakan walau sempat kesulitan berbicara dalam Bahasa Indonesia, akhirnya bisa melaluinya.
 
"Beruntung ada om Norman yang ajari aku, jadi aku bisa lebih jago lagi bahasa Indonesia," kata dia.
 
Di sisi lain, aktor Ira Wibowo yang kembali dipercaya untuk memerankan tokoh Bunda Hara, harus menurunkan berat badan di film ini hingga 10 kg agar terlihat muda.
 
"Aku memerankan tokoh yang lebih muda, sedangkan aku makin tua. Aku butuh pencarian yang cukup lama. Aku harus menurunkan berat badan 10 kg agar terlihat lebih muda," kata dia.
 
Seperti halnya Ira, aktor Bucek Deep juga kembali memerankan Letnan Ical, ayah Dilan walau awalnya sempat menolak.
 
"Pertama kali ditawarin, aku bilang, Letnan Ical sudah mati. Enggak bisa kalau dihidupin lagi. Tapi setelah dijelasin saya mau terima ini. Terima kasih, sudah kembali mempercayai saya, untuk kembali berperan di film ini," ucap dia.
 
Selain Muhammad Adhiyat dan Malea Emma, Bucek Deep dan Ira Wibowo, sejumlah selebritas yang juga terlibat dalam "Dilan 1983: Wo Ai Ni" antara lain Ashel JKT 48, Zayyan Sakha, Cok Simbara, Muzakki, Queen, Sulthan, Ferdinand, Keanu Azka, Graciella Abigail, Shania Diva, Cleo, Quentin, Mieke Amalia, Annisa Hertami, dan Daan Aria.

Baca juga: Arbani Yasiz: Senang jadi Dilan, tapi, tekanannya terasa

Baca juga: Aktris Vanesha Prescilla ajak masyarakat peduli disabilitas

Baca juga: Rilis trailer baru, film "Mariposa" dan "Milea Extended" digabung

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024